Pesawat Drone Tempur Canggih Siluman Milik Rusia Tertangkap Kamera Sedang Ujicoba Di Siberia

sebuah pesawat nirawak atau drone siluman terbaru milik Rusia tertangkap kamera saat ditarik sebuah traktor di lintasan bersalju di Siberia.

Pesawat Drone Tempur Canggih Siluman Milik Rusia Tertangkap Kamera Sedang Ujicoba Di Siberia
THE MOSCOW TIMES / INSTRAGRAM / FIGHTER_BOMBER
Foto yang beredar di dunia maya, menampilkan wujud drone tempur siluman Rusia yang diyakini sebagai Okhotnik-B di lintasan di Siberia. 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Meski Perang Dingin sudah berakhir, tidak lagi seperti era 80-90 an lalu, namun Rusia, tidak tinggal diam untuk terus mengembangkan arsenal persenjataannya.

Rusia saat ini secara masif terus menerus mengembangkan rudal jarak jauh, rudal anti serangan udara, tank mutakhir  hingga pesawat tempur stealh atau siluman.

Tak hanya bersaing dengan Amerika Serikat dalam senjata militer, namun Rusia juga menghadapi perlombaan senjata dengan China dan Eropa Barat.

Dikutip dari Kompas, sebuah pesawat nirawak atau drone siluman terbaru milik Rusia tertangkap kamera saat ditarik sebuah traktor di lintasan bersalju di Siberia.

Baca: Dukung Lima Kamera, Exynos 9820 Diperkirakan Hadir di Samsung Galaxy S10

Baca: Paling Murah Dijual Rp 12 Jutaan, Harga Trio Samsung Galaxy S10 Sudah Bocor Sebelum Peluncuran

Penampakan pesawat tempur udara tanpa awak atau UCAV tersebut diyakini adalah Okhotnik-B, yang selama ini masih dirahasiakan oleh Rusia dan disebut sebagai drone tempur paling mutakhir.

Pakar militer Rusia menyebut gambar drone tempur siluman buatan perusahaan yang juga mendesain jet tempur Sukhoi itu, adalah yang pertama sejak muncul di dunia maya pada 2017.

Menurut sebuah media online penerbangan AS, The War Zone, pada Rabu (23/1/2019), menduga bahwa foto-foto terbaru "Okhotnik-B" tersebut diambil saat tes darat yang dilakukan di Novosibirsk, pada November tahun lalu.

Informasi itu sesuai dengan yang pernah dilaporkan Interfax, kantor berita independen Rusia, yang pernah melaporkan pada Juni lalu, bahwa drone tempur generasi keenam itu akan menjalani tes pada musim panas tahun lalu dan diperkirakan bakal mulai terbang untuk kali pertama di tahun 2019.

"Terlepas benar atau tidak foto tersebut adalah gambar terbaru dari Okhotnik, atau mungkin desain lain." "Seandainya foto tersebut benar maka itu adalah bukti terbaru bahwa Rusia tetap berkomitmen dalam pengembangan UCAV secara sembunyi-sembunyi," tulis The War Zone dan dilansir The Moscow Times, Kamis (24/1/2019).

Baca: Raja Malaysia Mengundurkan Diri Usai Nikahi Mantan Miss Miscow Rusia, Ini yang Terjadi

Baca: Rumah Tangga Mantan Raja Malaysia dan Miss Moskow Dikabarkan Bubar

Foto-foto terbaru yang memperlihatkan secara jelas bentuk drone siluman Rusia itu telah tersebar luas di media sosial sejak Kamis lalu. Masih menurut The War Zone, drone tempur Okhotnik tersebut tampak cukup besar jika dibandingkan dengan traktor yang yang menariknya di lintasan.

Halaman
12
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved