Berita Riau

Soal Pelantikan Gubri Baru, Pemprov Belum Dapat Jadwal dari Mendagri

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar - Edy Natar belum diketahui jadwal pastinya.

Soal Pelantikan Gubri Baru, Pemprov Belum Dapat Jadwal dari Mendagri
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
KPU Riau menetapkan pasangan Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih 2018 - 2023. Sampai saat ini, Pemprov Riau belum menerima jadwal pasti pelantikan Gubernur baru. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgio

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar - Edy Natar belum diketahui jadwal pastinya. Meskipun sebelumnya sempat mencuat kabar pelantikan akan dilaksanakan tanggal 19 Februari 2019 mendatang.

Kepala Biro administrasi pemerintahan dan otonomi daerah, Sudarman, Selasa (29/1/2019) mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan jadwal pasti terkait kapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edy Natar akan dilantik. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan surat resmi dari pihak Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

“Tanggal pastinya kami belum dapat. Karena informasi pasti soal pelantikan itu, yang berhak mengeluarkan adalah pihak istana kemudian disampaikan ke Kemendagri. Dari Kemendagri baru disampaikan ke Pemerintah Provinsi Riau," katanya.

Pihaknya pun sudah beberapa kali mempertanyakan ke pihak Kemendagri kapan pelaksanaan pelantikan tersebut akan dilakukan. Namun pihak Kemendagri juga belum bisa memberikan keterangan yang pasti. Sebab mereka juga masih menunggu informasi dari istana kepresidenan.

"Setiap ada kesempatan ke Kemendagri, kami selalu pertanyaan soal kapan tanggal pasti pelantikan tersebut. Tapi pihak Kemendagri juga belum bisa memastikan," imbuhnya.

Sebelumnya, informasi perihal pelantikan Gubernur Riau terpilih Syamsuar bersama wakilnya Edy Natar Nasution dijadwalakan akan dilaksanakan tanggal 19 Februari mendatang. Bocoran tanggal pelantikan Syamsuar tersebut disampaikan langsung oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Riau belum lama ini.

Usai membagikan 1500 sertifikat tanah kepada warga Pekanbaru di GOR Remaja, Jalan Sudirman, Rabu (16/1/2019) Luhut mengungkapkan, berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari Presiden dan Sekretarist Kepresidenan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar dan Edy Natar Nasution dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 19 Februari 2018 mendatang, di Istana Negara Jakarta.

"Tanggal 19 Februari (pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih). Saya sudah janji kepada beliau (Syamsuar), tanggal 19 Februari pelantikanya," kata Luhut sambil memalingkan pandanganya ke arah Syamsuar yang saat itu berdiri disebelah kirinya.

Luhut mengungkapkan, selain Gubenur Riau terpilih disaat bersamaan juga akan dilakukan pelantikan sejumlah Gubenur di beberapa provinsi yang memenangkan Pilkada serentak tahun 2018 lalu. "Ada gubernur lainnya, tapi saya tak ingat siapa-siapa saja," ujarnya.

Sebelumnya, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sonny Soemarsono kepada Tribun mengungkapkan, Gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edi Natar Nasution akan dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo bersama dengan Gubernur Jawa Timur, Koffifah Indar Parawansa.

"Untuk Riau nanti ikut tahap III pada Maret 2019, untuk tanggal belum ditetapkan hanya saja kemungkinan Minggu II di bulan itu," ujar Sonny Soemarsono. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved