Mulai dari AIDS sampai Kesehatan Publik Bakal Dibahas dalam NLS CIMSA 2019 di Riau

Center for Indonesian Medical Students Activities atau CIMSA, menggelar kegiatan National Leadership Summit (NLS) tahun 2019 di Riau.

Mulai dari AIDS sampai Kesehatan Publik Bakal Dibahas dalam NLS CIMSA 2019 di Riau
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
CIMSA Indonesia saat menggelar konferensi pers di Hotel Labersa, Sabtu (2/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Center for Indonesian Medical Students Activities atau CIMSA, menggelar kegiatan National Leadership Summit (NLS) tahun 2019. Kegiatan bertaraf nasional ini, digelar di Riau, dengan CIMSA Locals Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) sebagai tuan rumah.

Adapun tema yang diambil yaitu "Empowering Youth in Leading Movements towards the 2030 Agenda for Sustainable Development". President CIMSA 2018-2019 Nurul Gina Fadillah mengatakan, setidaknya ada 8 kebijakan isu kesehatan yang mereka bawa dalam kegiatan ini, terkait Sustainable Development Goals (SDGs).

Di antaranya Sexual and Reproductive Health including HIV/Aids, Public Health, Medical Education, Human Right and Peace, Research Exchange dan Professional Exchange.

"Dari 8 kebijakan yang dikeluarkan, salah satunya adalah bagaimana untuk menurunkan jumlah kasus HIV/Aids yang setiap tahun selalu meningkat. Kita menjalin komunikasi dengan komunitas ODHA (penderita) HIV/Aids. Meski sedikit susah, namun para mahasiswa tetap melaksanakannya agar angka HIV/Aids berkurang,” ujarnya dalam kegiatan konferensi pers di Labersa Hotel, Sabtu (2/2/2019).

Sementara itu, Vice President of Event Affairs CIMSA, Jannatiah menerangkan, setiap tahunnya ada sekitar 1.000 lebih aktivitas CIMSA dalam mendukung program SDGs.

"Saat ini, ada sekitar 8.000 mahasiswa Fakultas Kedokteran yang bergabung bersama CIMSA yang berasal dari 25 universitas negeri dan swasta se-Indonesia," ucapnya.

Dalam melaksanakan sejumlah agenda dan program di CIMSA, para anggotanya pun melakukan penggalangan dana kolektif. Dibeberapa kesempatan juga mengandalkan sponsor.

“Kami sebagai organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia, mengajak pihak pembuat kebijakan untuk turut mendukung dalam program yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals,” bebernya.

Untuk diketahui, CIMSA merupakan organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia berbasis aktivitas yang bersifat independen, nasionalis, inklusif, non-politik, dan non-partisan. Tujuan CIMSA adalah untuk memberdayakan mahasiswa kedokteran Indonesia dalam meningkatkan kesehatan di Indonesia.

Setiap tahunnya, CIMSA mengadakan 3 kali pertemuan nasional dan salah satunya adalah October Meeting yang pada tahun ini, diadakan di Riau, dari 31 Januari-3 Februari 2019.

Lewat kegiatan ini diharapkan dapat memperjelas posisi dan peran CIMSA sebagai organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia. (*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved