Tekno

Samsung No 6 Infinix Paling Buncit, Berikut 20 Daftar Pabrik Ponsel yang Paling Rajin Update Android

Samsung yang selama ini kerap dikeluhkan karena dinilai lambat menyediakan pembaruan, sejatinya berada di urutan keenam.

Samsung No 6 Infinix Paling Buncit, Berikut 20 Daftar Pabrik Ponsel yang Paling Rajin Update Android
Android Authority
Android Pie 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Faktor apa yang menjadi pertimbangan anda untuk membeli atau mengganti smartphone milik anda? Apakah karena harga, spek, merk ataupun after sales services?

Jika pertimbangannya after sales services, maka hasil penelitian AOSMark di situs mereka ini, patut menjadi pertimbangan anda.

Yang dimaksud di sini, after sales services adalah dukungan pabrikan atau vendor ponsel berupa update atau pembaharuan sistem operasi, khususnya Android yang dibesut oleh Google.

Dikutip dari Kompas Tekno, Google rutin memperbarui sistem operasi Android setiap tahun, biasanya di bulan Agustus. Akan tetapi, pembaruan baru bisa dinikmati pengguna ponsel Android berbulan-bulan setelahnya.

Daftar Pabrik Ponsel yang rajin update Android
Daftar Pabrik Ponsel yang rajin update Android (AosMark)

Penundaan seperti ini disebabkan beberapa faktor. Salah satunya proses panjang dalam mencocokkan software antarmuka pada model ponsel tertentu dengan sistem operasi Android terbaru.

Situs AOSMark secara khusus mengurutkan pabrikan smartphone Android dalam hal pembaruan sistem operasi pada produk mereka.

Nilainya dihitung dari rata-rata jumlah update yang disalurkan untuk ponsel masing-masing.

"Rentang skor biasanya 0 hingga 6. Lebih tinggi lebih baik karena itu berarti perangkat dari pabrikan bersangkutan mendapat support lebih lama," tulis AOSMark di situsnya.

Baca: Samsung Resmi Luncurkan Galaxy M10 dan M20, Harga Mulai Rp 1,5 Juta

Di urutan pertama tentu saja Google adalah pabrikan Android yang paling sering menyalurkan update, sebab lini Pixel buatannya mematrikan Android murni.

Tak perlu ada penyesuaian lagi untuk menyediakan pembaruan sistem operasi.

Halaman
123
Penulis: CandraDani
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved