Festival Perang Air

Festival Perang Air Pecahkan Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh perwakilan MURI melalui Bupati kepulauan Meranti saat Meranti Night Carnival di Selatpanjang, Kamis (7/2/2019

Festival Perang Air Pecahkan Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak
Humas Kabupaten Kepulauan Meranti
Bukan hanya penjual pistol air mainan yang mendapat berkah dari tradisi perang air ini, bahkan penarik becakmotor pun kecipratan rezeki 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru Teddy Tarigan

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI -Kemeriahan Festival Perang Air di Kota Selat panjang Kepulauan Meranti tahun ini semakin lengkap.

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan dan memberikan Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia untuk kategori Perang Air dengan peserta terbanyak.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh perwakilan MURI melalui Bupati kepulauan Meranti saat Meranti Night Carnival di Selatpanjang, Kamis (7/2/2019) malam.

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pihak MURI, Perang Air Meranti berhasil meraih Rekor MURI Kategori Perang Air dengan jumlah peserta terbanyak.

"Setelah kami ikut serta bahkan menjadi saksi Perang Air di Meranti Tahun 2019, satu hal yang bisa kami catat Cian Cui adalah Perang Air satu satunya di Indonesia. Yang menggabungkan atau memadukan Tradisi Muslim saat Idul Fitri tempo dulu dengan Tradisi Cian Cui sebagai wujud kebinekaan di Kepulauan Meranti," ujar Perwakilan MURI Yusuf Ngadri.

Pihak MURI memasukan Festival Perang Air dalam Musium Rekor Indonesia Kategori Perang Air dengan jumlah peserta terbanyak.

"Ini adalah Rekor baru dan Perang Air belum pernah dibuat oleh insan Indonesia manapun oleh karena itu bisa di catat sebagai Rekor MURI," ujarnya lagi.

Penyerahan Piagam Rekor MURI oleh Perwakilan MURI langsung diterima oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan Nasir didampingi Inisiator Perang Air Mantan Kapolres Meranti AKBP. Zahwani Pandra Arsyad, Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal M.Si, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Serta Kadis Pariwisata Meranti Rizki Hidayat.

Pemkab Kepulauan Meranti menerima penghargaan rekor MURI, Di gelaran Meranti Night Festival, Selatpanjang, Kamis (7/2/2019) malam.
Pemkab Kepulauan Meranti menerima penghargaan rekor MURI, Di gelaran Meranti Night Festival, Selatpanjang, Kamis (7/2/2019) malam. (Istimewa)

Tim MURI akan menjadikan Perang Air atau Cian Cui Meranti masuk dalam Rekor Dunia sebagai satu satunya Perang Air dengan peserta terbanyak namun karena Perang Air ini bukan satu satunya di dunia pihak MURI mengaku masih perlu mengumpulkan data lagi.

Halaman
1234
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved