Indra Sjafri Tegaskan Gaya Mainnya di Timnas U-22 Tetap Pada Penguasaan Bola

Meski mengusung gaya bermain ball posession, namun Indra tak mengharamkan bermain dengan skema serangan balik.

Indra Sjafri Tegaskan Gaya Mainnya di Timnas U-22 Tetap Pada Penguasaan Bola
antara
Pelatih timnas U-22, Indra Sjafri, menegaskan timnya akan tetap bermain dengan penguasaan bola di Piala AFF mendatang. 

tribunpekanbaru.com - Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, menjelaskan filosofi permainan yang ia terapkan kepada skuatnya. Dulu, Indra menerapkan gaya permainan pendek-pendek-panjang yang disebutnya dengan singkatan PePePa.

Tak jauh berbeda dengan dulu, kini Indra masih mengutamakan penguasaan bola untuk timnya. Eks arsitek Bali United itu juga memastikan tak ada lini tertentu yang menjadi kunci permainannya.

“Game model kami tidak tergantung satu pemain. Saya menganut filosofi sepakbola menyerang dengan passing game. Yang kedua, saya menganut sepakbola yang possesion yang progresif,” urai Indra dikutip goal kemarin.

“Terus perkembangannya, bukan berarti saya tidak boleh bermain dengan counter attack, tapi filosofinya, ciri khasnya, yaitu selalu menguasai, karena secara psikis kalau bola dipegang sama lawan, kami akan capek,” terangnya.

Indra kemudian menjelaskan bahwa penguasaan bola tinggi masih kurang diikuti dengan efisiensi. Hal itu berkaca dari hasil laga timnas U-19 kontra Jepang pada Piala Asia 2018 lalu.

“Tetapi kalau bola sama kami, kadang-kadang ada pertanyaan 65 persen penguasaan namun kalah 2-0 dari Jepang, itu masalah efektivitas. Kemarin jika 65 persen kami tidak menguasai bola, mungkin kami akan kalah lebih banyak dari itu. Pertahanan yang bagus adalah menyerang, menguasai bola,” ujarnya lagi.

Skuad timnas U-22 akan menjalani satu laga uji coba lagi pada Minggu (10/2) besok melawan Arema FC. Sebelumnya, timnas U-22 sudah menggelar uji coba melawan Bhayangkara FC, dan berakhir imbang dengan skor 2-2.

Uji coba lawan Arema besok merupakan uji coba terakhir skuad timnas U-22 sebelum tampil di Piala AFF U-22, yang akan digelar di Kamboja. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved