Rokan Hulu

Bupati Sukiman Perintahkan Disparbud Rohul Buat Buku Sejarah

Pengembangan Desa Rantau Binuang Sakti‎ (RBS) Kecamatan Kepenuhan‎, sebagai tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan.

Bupati Sukiman Perintahkan Disparbud Rohul Buat Buku Sejarah
Istimewa
Bupati Rokan Hulu Sukiman menerima perwakilan masyarakat dari Kecamatan Kepenuhan di ruang rapat Bupati di Pasirpangaraian pada Selasa sore (12/2/2019). Sukiman sangat mendukung dilakukan pengembangan Desa Rantau Binuang Sakti‎ (RBS) Kecamatan Kepenuhan‎, sebagai tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan. 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengaku, sangat mendukung dilakukan pengembangan Desa Rantau Binuang Sakti‎ (RBS) Kecamatan Kepenuhan‎, sebagai tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan.

Syekh Abdul Wahab Rokan sendiri dikenal dan diakui sebagai salah satu Tokoh Suluk di Provinsi Riau yang mengembangkan ilmu Tarekat di Desa Babussalam, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Dan setiap tahun peringatan Haul atau hari wafatnya tetap diperingati jemaah suluk dari berbagai daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Rokan Hulu Sukiman saat menerima perwakilan masyarakat dari Kecamatan Kepenuhan di ruang rapat Bupati di Pasirpangaraian pada Selasa sore (12/2/2019).

Baca: VIDEO: Link Siaran Langsung Piala Indonesia Borneo FC vs PSS Sleman, Live Jawa Pos TV Sore Ini

Pertemuan dihadiri perwakilan masyarakat Kepenuhan, terdiri Camat Kepenuhan T. Habrizal, Anggota DPRD, Lurah Kepenuhan Tengah Mustofa, Kades Rantau Binuang Sakti Tamrin, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan mahasiswa dari Kecamatan Kepenuhan.

Di pertemuan tersebut,‎ Bupati Sukiman sendiri didampingi Inspektur Inspektorat Rokan Hulu Elfiskar, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdakab Rokan Hulu Ir. M. Ruslan, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rokan Hulu Drs. Yusmar M.Si.

Kadisparbud Rohul, Yusmar menerangkan saat pertemuan, Bupati Sukiman perintahkan pihaknya, di bawah koordinasi Asisten Bidang Ekbang Setdakab Rokan Hulu untuk membuat buku sejarah valid tentang Syekh Abdul Wahab Rokan secara benar atau valid, dengan sumber yang dapat dipercayai kebenarannya.

"Sehingga mendapat pengakuan dari semua pihak, dan tidak menimbulkan persoalan di belakang hari nanti," pesan Bupati Rokan Hulu Sukiman, sebut Yusmar (15/2/2019).

Baca: Hanya Satu Jalur, Sepeda Motor Tidak Boleh Melintas di Fly Over Arengka

Pada kesempatan tersebut, tambah Yusmar, Bupati Rokan Hulu Sukiman menyatakan setuju dan mendukung keguatan tersebut, untuk menjaga dan melestarikan tempat-tempat bersejarah yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.‎

Bahkan terangnya, Bupati kembali menegaskan untuk dapat menggali sejarahnya, sehingga dapat dipedomani nilai-nilai perjuangan, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved