Caleg Harus Urus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Sebelum Lakukan Kampanye. Ini Penjelasannya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengimbau kepada seluruh Calon Legislatif (Caleg) untuk mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP)

Caleg Harus Urus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Sebelum Lakukan Kampanye. Ini Penjelasannya
FOTO/ISTIMEWA
Personel kepolisian melakukan pengawalan kampanye Calon Legislatif Pemilu 2019 di pekanbaru belum lama ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengimbau kepada seluruh Calon Legislatif (Caleg) untuk mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye saat melakukan dialog bersama masyarakat di lapangan.

Surat ini merupakan kewajiban dalam setiap melaksanakan kegiatan kampanye. Selain itu, STTP juga memastikan kegiatan yang digelar Caleg diawasi oleh pengawas pemilu, dan dijamin keamanannya oleh kepolisian.

"Surat Tanda Terima Pemberitahuan itu harus dimiliki setiap Caleg saat melakukan kampanye di lapangan, sebuah keharusan," ujar Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Tribun Jumat (15/2/2019).

Menurut Rusidi Rusdan masih banyak Caleg yang tidak peduli dengan STTP tersebut, sehingga kadang saat melakukan kampanye dialogis dengan masyarakat di lapangan sering mengalami persoalan.

"Ada yang mendapat penolakan dan lainnya, karena mereka tidak ada izin," lanjutnya.

Untungnya lagi yang didapat Caleg jika mengantongi surat tanda terima pemberitahuan tersebut, jika terjadi pelanggaran yang dilakukan Caleg bersangkutan maka dilakukan upaya preventif oleh pengawas dari Panwaslu.

"Misalnya ada melakukan pelanggaran, maka langsung ditegur dan tidak ada upaya hukum pelanggaran pemilu, karena ada langkah preventif terlebih dulu," jelas Rusidi Rusdan.

Tidak itu saja, para Caleg juga hendaknya melakukan komunikasi dan kordinasi dengan panitia pengawas di lapangan, apa saja yang dibolehkan dan apa saja yang melanggar, sehingga Caleg tidak salah dalam melangkah.

"Kita membuka diri untuk konsultasi dan silakan, karena tugas pengawasan itu juga termasuk ada pada Caleg dan kontestan sendiri di Pemilu," imbaunya.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved