Rohul

Diguyur Hujan Semalaman, Kabut Asap Di Rokan Hulu Sudah Mulai Menghilang

kabut asap yang menyelimuti Rohul ini tentunya sangat membahayakan kesehatan masyarakat, saat ini kondisi cuaca di Rohul mendung

Diguyur Hujan Semalaman, Kabut Asap Di Rokan Hulu Sudah Mulai Menghilang
Tribunpekanbaru/Donny
Kabut Asap mulai menipis di Rokan Hulu 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Kabut Asap yang sempat menyelimuti langit kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Kamis (14/2/2019), kini sudah mulai menghilang, diduga karena diguyur hujan semalaman.

Sudirman warga Pasirpangaraian mengaku, kabut asap yang sempat menyelimuti langit di Rohul, sudah mulai menghilang, karena Rohul diguyur hujan mulai Kamis Malam, hingga Jumat (15/2/2019) pagi.

"Alhamdulillah asapnya sudah mulai hilang, ‎karena kita khawatir juga kalau kabut asap kembali menyelimuti Rohul, tentunya akan menggangu aktifitas kita di luar Rumah," katanya.

Diakuinya, kabut asap yang menyelimuti Rohul ini tentunya sangat membahayakan kesehatan masyarakat, saat ini kondisi cuaca di Rohul mendung, mudah-mudahan hujan lagi, sehingga kabut asap bisa hilang.

Baca: Bupati Sukiman Perintahkan Disparbud Rohul Buat Buku Sejarah

Baca: ‎Kepala Madrasah se-Rohul Bahas Persiapan UNBK 2019, Ternyata Dua Hal Ini Masih Jadi Masalah

‎Sementara, Sekretaris BPBD Rohul, Syaei Nur, mengatakan, dari pantauan BPBD, di Kabupaten Rohul , hingga saat ini kabut asap yang sempat menyelimuti langit Rohul sudah mulai hilang.

Menurutnya, mulai hilangnya kabut asap di‎ Rohul, karena Rohul diguyur hujan semalaman, sehingga asap hilang dalam hujan. Untuk titik api hingga saat ini tidak ditemtukan di Rohul.

"Titik api di wilayah kita masih nihil, kabut asap yang sempat menyelimuti Rohul, diduga merupakan kabut asap kiriman dari Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten tetangga," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, untuk jarak pandang sudah kembali normal, meskipun, kabut asap yang yang menyelimuti Rohul, sempat menyebabkan berkurangnya jarak pandang di Rohul yang hanya berkisar 300 sampai 500 meter.

Baca: ‎Sebelum Pemilu 2019, Wakil Rakyat Tetap Perjuangkan Lima Desa di Perbatasan Kampar Masuk Rohul

Baca: 432 Warga Rokan Hulu Masuk dalam Daftar JCH Rohul 2019 yang akan Berangkat ke Tanah Suci

"Kendati demikan, kami tetap himbau masyarakat agar mengguanakan masker saat beraktifitas di luar rumah, untuk menjaga-jaga agar tidak terserang infeksi saluran pernapasan," se‎butnya.

Syafei Nur menjelaskan, BPBD Rohul saat ini juga tengah mempersiapkan penetapan status siaga asap, mengingat 2 bulan lagi, diperkirakan Rohul akan memasuki musim kemarau.

"Dihimbau kepada masyarakat, untuk tidak melakukan pembersihan atau pembukaan lahan dengan cara membakar, karena di kawatirkan dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya.(*)

JANGAN LUPA  Subscribe channel youtube official tribunpekanbaru, tonton video viral dan video terupdate setiap hari:

Subscribe Juga Akun facebook kami di:

(*)


Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved