Breaking News:

Berita Riau

Kebakaran Lahan di Riau Semakin Meluas, Sudah Dua Pekan Petugas Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah di Riau semakin meluas, Minggu (17/2/2019).

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Manggala Agni
Dokumentasi Kegiatan Pemadaman Darat oleh Regu BKO Manggala Agni Daops Pekanbaru di wilayah Desa Mumugo Kec. Tanah Putih Kab. Rokan Hilir (Minggu, 17/2/19) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah di Riau semakin meluas, Minggu (17/2/2019).

Ada empat wilayah yang saat ini kebakaran lahanya terus meluas. Pertama di Mumugo, Kecamatab Tanah Putih Kababupaten Rokan Hilir.

Kemudian di Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai dan di Teluk Lecah, Pergam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis dan di Pulang Meranti di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Baca: Kepulauan Meranti akan Tetapkan Siaga Darurat Karhutla 2019

Hingga saat ini petugas masih berjibaku memadamkan api di empat wilayah tersebut. Upaya pemadaman darat gabungan telah dilakukan oleh Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, Perusahaan dan Masyarakat setempat.

"Ada sembilan regu dengan jumlah 135 orang petugas dari Manggalan Agni yang kita turunkan ke lokasi untuk memadamkan api," kata Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau Edwin Putra, Minggu (17/2/2019).

Edwin mengungkapkan, sebelumnya ada lima regu Manggala Agni yang sudah dua pekan melakukan pemadaman di empat wilayah tersebut.

Karena semakin luas, pihaknya kembali menambah kekuatan empat regu lagi.

Sehingga total petugas yang melakukan pemadaman api dari Manggalan Agni sebanyak 135 orang.

Semakin luasnya lahan yang terbakar, membuat petugas kewalahan. Sehingga saat ini fokus petugas tidak lagi melakukan pemadaham di lahan yang terbakar, namun melakukan upaya pencegahan api agar tidak menjalar dan meluas.

"Lokasi yang terbakar sudah terlalu luas, bahka ada yang diatas 50 sampai 100 hektare. Jadi kita hanya berusaha untuk mencegah jalaran apinya, supaya tidak semakin meluas, itu yang kita prioritaskan sekarang," ujarnya.

Baca: Dada Kirinya Ditikam, AY Tidak Mampu Bertahan dan Hembuskan Nafas Terakhir

Berdasarkan data yang Tribun di BPBD Provinsi Riau, sejak awal Januari hingga Minggu (17/2/2019) luas lahan yang terbakat di Riau tercatat mencapai 653, 7 hektare.

Paling luas terjadi di kebupaten Bengkalis yang mencapai 446 hektare. Kemudian Rohil 117 hektare, disusul Dumai 35,5 hektare, Meranti 20,2 hektare, Pekanbaru 16 hektare, Kampar 14 hektare, dan Siak 5 hektare. (*)

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved