Siak

Pemkab Siak Targetkan Penanganan Sampah 70 Persen dan Pengurangan 30 Persen

Satu jiwa penduduk diperkirakan menghasilkan sampah sekitar 0,4 liter perhari untuk kategori kota kecil.

Pemkab Siak Targetkan Penanganan Sampah 70 Persen dan Pengurangan 30 Persen
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
FOTO ILUSTRASI - Tumpukan sampah. 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pemkab Siak menargetkan penanganan sampah sebanyak 70 persen dan target pengurangan 30 persen dari timbulan sampah yang dihitung berdasarkan keseluruhan jumlah penduduk.

Satu jiwa penduduk diperkirakan menghasilkan sampah sekitar 0,4 liter perhari untuk kategori kota kecil.

"Progresnya nanti dihitung dalam setahun kedepan," Kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Siak Ali Amran, Kamis (21/2/2019).

Ia menjelaskan, Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Pengelolaan Sampah tertuang dalam Perbup Nomor 136 Tahun 2018. Perbup itu merupakan rangkuman kebijakan dan strategi daerah terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga dalam jangka tahun 2018 - 2025.

Baca: 8 Kg Sabu Asal Malaysia Diamankan Beserta Dua Kurir Narkoba, Ditangkap Dekat Jembatan Siak

Sementara Plt Bupati Siak Alfedri menerangkan, amanat Perpres Nomor 97 Tahun 2017 juga menyatakan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten kota berkewajiban menyusun dokumen Jakstrada Pengelolaan Sampah paling lambat satu tahun sejak ditetapkannya Jakstranas.

"Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan seiring terbitnya Peraturan Bupati Nomor 136 Tahun 2018 tentang Jakstrada Kabupaten Siak," kata Alfedri.

Ia menyebut telah menghadiri Rapat Kerja Nasional Pusat dan Daerah, serta Launching Gerakan Indonesia Bersih bersama para gubernur, walikota, bupati serta para kepala DLH se-Indonesia.

Plt Bupati Siak Alfedri duduk berdampingan dengan Walikota Pekanbaru Firdaus dalam forum Rakernas di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rabu (20/2/2019).
Plt Bupati Siak Alfedri duduk berdampingan dengan Walikota Pekanbaru Firdaus dalam forum Rakernas di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rabu (20/2/2019). (Humas Setdakab Siak)

Rapat Kerja Nasional itu membicarakan sejumlah isu strategis lingkungan yang dipimpin Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta.

"Banyak topik penting yang dibahas dalam pertemuan kemarin menyangkut lingkungan. Seperti pencemaran lingkungan dan kewajiban daerah menyusun Jakstrada," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved