Pekanbaru

Aulia Hospital Targetkan Jadi Rumah Sakit Pusat Rujukan Kanker se-Sumatera

Aulia Hospital menggelar seminar medis, dengan tema Cegah dan Diteksi Kanker Sedini Mungkin, sekaligus peresmian Aulia Cancer Center

Aulia Hospital Targetkan Jadi Rumah Sakit Pusat Rujukan Kanker se-Sumatera
TribunPekanbaru/Alexander
Salah seorang pemateri, Spesialisasi Kandungan atau Konsultan Onkologi Kanker Aulia Hospital, Dr Ari Hidayat SpOG(K)Onk, yang menyampaikan materi tentang Perjalanan Klinis Kanker Serviks (Natural History of Cervical Cancer) di Auditorium lantai 8 Aulia Hospital, Sabtu (23/2). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Untuk memberikan pemahaman tentang kanker, Aulia Hospital menggelar seminar medis, dengan tema Cegah dan Diteksi Kanker Sedini Mungkin, sekaligus peresmian Aulia Cancer Center, di Auditorium Aulia Hospital, Lantai 8, Sabtu (23/2).

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah, Konsultan Genetik Kanker, Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, PhD, yang membawakan materi tentang Manfaat Pemeriksaan Genetik untuk Diteksi Dini, Pencegahan dan Pengobatan Kanker.

Selanjutnya, Spesialisasi Kandungan atau Konsultan Onkologi Kanker Aulia Hospital, Dr Ari Hidayat SpOG(K)Onk, yang menyampaikan materi tentang Perjalanan Klinis Kanker Serviks (Natural History of Cervical Cancer).

Kemudian, Dr dr Elmi Ridar SpA, selaku Spesialis Anak Hemato Onkologi Anak Aulia Hospital, yang menyampaikan materi tentang Diteksi Dini Kanker pada Anak.

Baca: LIVE: Seminar Cegah & Deteksi Kanker di Aulia Hospital, Saksikan Disini!

Baca: Mulailah Kurangi Konsumsi Garam Dapur, Berisiko Kanker Lambung Penyakit Mematikan Ketiga

Sebelum penyampaian materi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir yang hadir dalam kegiatan itu sekaligus membuka acara menyampaikan, penderita kanker saat ini terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun.

Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad dikatakan Mimi cukup banyak kunjungan setiap harinya untuk kanker tersebut.

Karena itu, hadirnya Aulia Cancer Center dikatakannya akan sangat membantu masyarakat untuk lebih mudah untuk berobat penyakit kanker tersebut.

"Puskesmas memang sudah ada untuk melakukan pendeteksian dini tersebut, tapi juga butuh penunjang lainnya, seperti layanan pap smear, yakni sebuah uji medis untuk memeriksa kondisi sel-sel pada serviks atau leher rahim," kata Mimi dalam sambutannya.

Sementara itu, Direktur Aulia Hospital, Susanti Dwi Aryani menyampaikan, kanker menjadi pembunuh nomor dua setelah penyakit jantung.

Karena Itu, pihaknya ingin berpartisipasi dalam pencegahan secara langsung, dengan membuka layanan kanker tersebut.

"Kita ingin jadi pusat rujukan penyakit kanker di Sumatra, dan kita mulai dari Riau," ujarnya.

Susanti Dwi Aryani juga menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman dan informasi kepada peserta, sehingga bisa bertindak lebih cepat ketika terdapat gejala kanker awal, dan bisa diantisipasi.

"Dalam pengendalian kanker ini, cukup banyak yang terlibat, tidak hanya pelayan kesehatan, tapi banyak pihak lainnya patut untuk turut serta membantu meningkatkan kualitas hidup penderita kanker," ulasnya. (*)

Penulis: Alex
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved