Siak

Akses Sultan Siak Tembus Negara Eropa, Terbukti Engsel Pintu Istana Peraduan Buatan Belgia 1902

Sebagian material bangunan istana peraduan didatangkan dari Eropa. Misalnya saja, engsel pintu berasal dari Belgia yang dibuat pada 1902.

Akses Sultan Siak Tembus Negara Eropa, Terbukti Engsel Pintu Istana Peraduan Buatan Belgia 1902
istimewa
Sekdakab Siak HTS Hamzah (tengah) memimpin rapat tentang progres pemugaran istana peraduan Sultan Siak. Rapat itu digelar bersama penyandang dana pemugaran, PT RAPP (April Group) dan Tim Pengawas Ahli Cagar Budaya (TACB), Senin (25/2/2019) di kantor bupati. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pemugaran istana peraduan Sultan Siak terus digesa. Dalam rapat Pemkab Siak dengan penyandang dana pemugaran, PT RAPP (April Group) dan Tim Pengawas Ahli Cagar Budaya (TACB), Senin (25/2/2019) di Kantor Bupati Siak disebut progres pemugaran sudah mencapai 50 persen.

"Pemugaran ini tidak mengubah fungsi pembangunan yang bernilai sejarah itu," kata anggota Tim Pengawas Ahli Cagar Budaya (TACB) Themas Utomo Ilham.

Istana Peraduan Sultan Siak berada di samping Istana Aserayah Al Hasyimiyah Siak Sri Indrapura.

Themas mengatakan, istana peraduan itu didirikan pada 1915 silam.

Bahkan, pihaknya menemukan sebagian material bangunannya didatangkan dari Eropa. Misalnya saja, engsel pintu berasal dari Belgia yang dibuat pada 1902. Ini menunjukkan akses dan pergaulan Sultan Siak semasa itu merambah dunia internasional.

"Pemugaran tersebut melibatkan ahli sejarah dan arsitek yang bekerja detail mengeksplorasi setiap sudut ruangan," kata dia.

Themas memperkirakan, pemugaran itu selesai pada Juni 2019 mendatang. Meskipun dalam jadwal proyek berlangsung 8 bulan, namun ia yakin selama 6 bulan selesai.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pengerjaannya," kata Themas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, HTS Hamzah yang memimpin pertemuan itu meminta tim pengerjaan agar memberikan laporan perkembangan pekerjaan setiap bulannya.

Melalui laporan tersebut, pihaknya dapat memberikan masukan terkait progres pemugaran.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved