Siak

1.500 Orang Ikut Gotong Royong Peringati Hari Sampah Nasional di Siak

Sebanyak 1.500 orang mengikuti aksi gotong royong di Kota Siak Sri Indrapura, Rabu (26/2/2019).

istimewa
Seorang pria membersihkan parit kecil di kawasan Taman Tengku Mahratu dalam gotomg royong pada peringatan hari sampah nasional 2019 di Siak, Selasa (26/2/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK- Sebanyak 1.500 orang mengikuti aksi gotong royong di Kota Siak Sri Indrapura, Rabu (26/2/2019).

Gotong royong tersebut dilaksanakan dalam rangkaian peringatan hari sampah nasional 2019.

Tampak hadir Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Siak Hendrisan, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Siak Sri Indrapura, Bambang Trikoro, Pabung Dandim 0303/Bengkalis Mayor Inf. Sumarno, Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Siak M Nanang, Waka Polres Siak Kompol Abdullah Hariri, Danramil Siak Mayor Inf Suratno dan Kapolsek Siak Kompol Abdul Rahman.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan petisi kelola sampah, semacam komitmen untuk hidup baik sehat dan bernilai, oleh unsur Forkompinda Siak.

Lokasi di seputaran Gedung Tengku Mahratu, Tepian Bandar Sungai Jantan, Pasar Seni dan pusat Kota Siak Sri Indrapura hari itu menjadi bersih.

Hendrisan berharap ada penggerak agar kegiatan seperti itu tidak dilaksanakan pada peringatan hari sampah nasional saja.

"Kalau kita lakukan tiap bulan dengan masyarakat akan lebih membanggakan. Karena partisipasi masyarakat Siak cukup tinggi untuk gotong royong ini. Bagi saya suasana seperti ini sudah lama dirindukan," kata dia.

Ia mengatakan, beberapa kegiatan telah dilaksanakan Pemkab Siak bersama masyarakat bersempena Hari Peduli Sampah Nasional 2019 sejak pekan lalu.

Seperti sosialisasi pengelolaan dan bank sampah, gotong-royong bersama, dan lomba terkait mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai.

"Kita perlu dukungan masyarakat untuk mencapai target pembangunan pengelolaan sampah," kata dia.

Sebagaimana Perpres Nomor 97 Tahun 2017, yaitu pada tahun 2025 terdapat pengurangan timbulan sampah sebesar 30 persen atau 24,6 juta ton, atau penanganan sampah mencapai 70 persen atau 82,049 juta ton.

"Saya yakin target itu tercapai jika kita tetap semangat seperti semangat hari ini," kata dia. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved