Berita Riau

Baru Tiba di Pekanbaru, Heli MI 8 Berkapasitas 4 Ribu Liter Akan Melakukan Water Bombing ke Rupat

Selain Mi-8, helikopter type Sikorsky tercatat sebagai helikopter paling banyak menggelontorkan air dari udara, yaitu 10,4 juta liter air

Baru Tiba di Pekanbaru, Heli MI 8 Berkapasitas 4 Ribu Liter Akan Melakukan Water Bombing ke Rupat
Helikopter MI 8 milik BNPB memadamkan kebakaran lahan 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemadaman kebakaran lahan di Riau melalui jalur udara terus diperkuat. Hingga saat ini sudah ada 4 helikopter yang dikerahkan untuk melakukan pengeboman air atau water bombing melalui udara. Yang terbaru, heli type MI 8 berkapasitas 4.000 liter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Helikopter type MI 8 kerap menjadi andalan dalam membantu pemadaman kebakaran hutan dan kebakaran lahan atau Karhutla di Riau.

Catatan Trinun pada tahun 2017 saay penanganan Karhutla, sepanjang Januari hingga Juli helikopter buatan Rusia ini tercatat menuangkan air ke lahan yang terbakar hingga 4,1 juta liter melalui 1.026 sortie penerbangan.

Ketika itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Riau menyatakan sudah 21,67 juta ton air disiramkan dari helikopter untuk mengatasi karhutla yang mencapai 548,72 hektare.

Baca: Bantu Atasi Kebakaran Lahan di Riau, BNPB Kirim Satu Helikopter Type MI 8 Kapasitas 4000 Liter

Selain Mi-8, helikopter type Sikorsky tercatat sebagai helikopter paling banyak menggelontorkan air dari udara, yaitu 10,4 juta liter air melalui 2.706 sortie penerbangan.

Selanjutnya Mi-8 tercatat menuang 4,1 juta liter air melalui 1.026 sortie penerbangan, sementara Mi-172 dan Mi-171 masing-masing memuntahkan 3,8 juta liter dan 3,3 juta liter air.

"Posisi heli sudah di Pekanbaru, hari ini heli bantuan dari BNPB ini akan langsung diterbangkan untuk melakukan waterbombing ke wilayah Rupat," kata Kabid Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gofur, Jumat (1/3/2019).

Kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di sejumlah daerah di Riau menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Bantuan peralatan dan personil untuk pemadaman api pun terus digulirkan ke Riau.

Baca: Tim Gabungan Masih Lakukan Pendinginan Titik Api di Lokasi Kebakaran Lahan di Bengkalis Riau

Terbaru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat mengirim bantuan satu unit heli type MI 8 ke Riau. Heli dengan kapasitas 4.000 liter tersebut tiba di Pekanbaru, Kamis (28/2/2018) malam.

"Iya benar, kita dapat bantuan satu unit heli untulk waterbombing dengan kapasitas 4 ribu liter. Tadi malam sudah sampai di Pekanbaru. Heli ini akan digunakan untuk melakukan waterbombing di lahan yang saat ini masih terbakar. Salah satunya ada di Rupat," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau yang juga Asisten 1 Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Jumat (1/3/2019) pagi.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved