Berita Riau

Dua Bulan Kebakaran Lahan Landa Riau, Sudah 1,5 Juta Liter Air Ditumpahkan dari Udara

Sepanjang tahun 2019 ini, mulai awal Januari hingga akhir Februari, kita mencatat sebanyak 1.513.000 liter air ditumpahkan ke area lahan yang terbakar

Dua Bulan Kebakaran Lahan Landa Riau, Sudah 1,5 Juta Liter Air Ditumpahkan dari Udara
Ist
Pemadaman karhutla si TNTN Desa Air Hitam Kecamatan Ukui dibantu Helikopter Water Bombing. Api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan Kamis (3/8/2017). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sebanyak 4 unit helikopter dikerahkan untuk melakukan pengeboman air waterbombing dari udara di area kebakaran lahan di Riau. Empat unit heli tersebut 1 adalah bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 1 unit dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 2 unit dari perusahaan sinar mas.

Selain 4 helikopter yang dikerahkan untuk melakukan water bombing, terdapat satu pesawat yang dioperasikan khusus untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Sepanjang tahun 2019 ini, mulai awal Januari hingga akhir Februari, kita mencatat sebanyak 1.513.000 liter air ditumpahkan ke area lahan yang terbakar dengan cara water bombing dari udara," kata. Kabid Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Riau, Jim Gofur, Jumat (1/3/2019).

Baca: Baru Tiba di Pekanbaru, Heli MI 8 Berkapasitas 4 Ribu Liter Akan Melakukan Water Bombing ke Rupat

Baca: Bantu Atasi Kebakaran Lahan di Riau, BNPB Kirim Satu Helikopter Type MI 8 Kapasitas 4000 Liter

Pemadaman kebakaran lahan di Riau melalui jalur udara terus diperkuat.

Hingga saat ini sudah ada 4 helikopter yang dikerahkan untuk melakukan pengeboman air atau water bombing melalui udara.

Yang terbaru, heli type MI 8 berkapasitas 4.000 liter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Helikopter type MI 8 kerap menjadi andalan dalam membantu pemadaman Karhutlan di Riau.

Dari data Tribunpekanbaru.com, pada tahun 2017 saat penanganan Karhutla, sepanjang Januari hingga Juli helikopter buatan Rusia ini tercatat menuangkan air ke lahan yang terbakar hingga 4,1 juta liter melalui 1.026 sortie penerbangan.

Ketika itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan sudah 21,67 juta ton air disiramkan dari helikopter untuk mengatasi karhutla yang mencapai 548,72 hektare.

Baca: Tim Gabungan Masih Lakukan Pendinginan Titik Api di Lokasi Kebakaran Lahan di Bengkalis Riau

Selain Mi-8, helikopter type Sikorsky tercatat sebagai helikopter paling banyak menggelontorkan air dari udara, yaitu 10,4 juta liter air melalui 2.706 sortie penerbangan.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved