Pekanbaru

Dukung Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Alfamart Tawarkan Kantong Berulang

Ratail modern Alfamart di Pekanbaru, mengungkapkan dukungannya akan lagkah Aprindo untuk mengurangi penggunaan sampah plastik

Dukung Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Alfamart Tawarkan Kantong Berulang
tribun medan
Ilustrasi 

Dukung Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Alfamart Tawarkan Kantong Berulang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ratail modern Alfamart di Pekanbaru, mengungkapkan dukungannya akan lagkah Asosiasi Pengusaha Ratail Indonesia (Aprindo) untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, sebagai upaya mendukung program pemerintah mengurangi produksi sampah secara nasional.

Corporate Communication Manager Alfamart Regional Sumatera, Firly Firlandi kepada tribunpekanbaru.com mengungkapkan, keseriusan pemerintah yang kembali menggalakkan program pengurangan sampah di tahun 2019 ini sangat positif demi menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari tumpukan sampah.

Baca: Dijambret Saat Belanja Mie, Polresta Pekanbaru Sudah Minta Konsul Malaysia Melapor

Sebagai bagian dari Aprindo, adalah suatu kewajiban bagi Alfamart untuk sama-sama mendukung program nasional tersebut.

"Kita apresiasi untuk pengurangan sampah plastik, termasuk pengurangan plastik dari kita sendiri," jelas Firly di Pekanbaru, Jumat (1/3/2019).

Firly mengaku, ada beberapa langkah yang dilakukan Alfamart agar masyarakat bisa mengubah kebiasaannya menggunakan plastik pada saat berbelanja di retail modern.

Setiap petugas toko milik perusahaan, wajib menawarkan kepada konsumen untuk memakai kantong yang dapat dipergunakan secara berulang.

"Kita tawarkan kantong berulang, toko sudah menyediakan, dan kasir akan menawarkan kantong tersebut kepada setiap pelanggan. Harganya juga tidak terlalu besar Rp 3.500 sampai Rp 4.000 tergantung ukuran. Tapi kalau tidak mau, dan tetap ingin menggunakan kantong plastik, masyarakat terpaksa harus beli," ungkap Firly.

Baca: Cat Rumah Bisa Picu Penyakit Kanker, Lakukan Hal Ini untuk Antisipasinya

Ia menyebutkan, melalui usaha yang dilakukan Alfamart itu, masyarakat dapat memahami bahwa pengurangan produksi sampah khususnya sampah plastik sangat positif demi menjaga kelestarian lingkungan.

Bahkan semenjakan dua tahun terakhir, retail Alfamart juga sudah mulai menunjukkan kepeduliannya akan pengurangan sampah plastik. Yang pada saat itu, program itu sempat bergukir dan akhirnya terhenti.

Halaman
12
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved