Berita Riau

Bawaslu Riau Rapat Hitung APK Jokowi-Ma'ruf yang Diduga Melanggar

Bawaslu Riau hari ini Minggu gelar rapat koordinasi untuk menyimpulkan data APK pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf yang terpasang.

Bawaslu Riau Rapat Hitung APK Jokowi-Ma'ruf yang Diduga Melanggar
Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi
FOTO ILUSTRASI - Baliho Capres. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Riau hari ini Minggu (3/3/2019) gelar rapat koordinasi untuk menyimpulkan data Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf yang terpasang.

Diduga, jumlahnya yang terpasang ini berlebih. 

"Hari ini kami Rakor untuk buat kesimpulan apakah ada dugaan pelanggaran atau tidak, makanya kami hitung, "ujar Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Tribun Minggu (3/3).

Baca: Kebakaran Hutan Tiga Kecamatan di Kabupaten Bengkalis Riau Tinggal Upaya Pendinginan

Nantinya setelah rapat koordinasi akan ada putusan dan rekomendasi tentunya yang harus dijalankan, apakah ada upaya penertiban ataupun tindakan lainnya.

"Nanti akan diputuskan apa upaya selanjutnya,"ujar Rusidi Rusdan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Bawaslu Riau berencana akan melakukan peninjauan dan kajian terhadap baliho Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin di Riau.

Karena dari pengamatan sementara Bawaslu jumlahnya sangat banyak.

Bahkan bila dianggap melebihi jumlah yang sudah ditentukan, bisa saja Bawaslu akan melakukan penertiban sebagaimana yang dilakukan pada APK Caleg yang ada di Riau beberapa waktu lalu.

Baca: BREAKING NEWS: Mobil yang Ditumpangi Bupati Demak Kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Batang

"Sebenarnya untuk Capres boleh pakai Baliho di Bilboard berbayar, hanya saja kita hanya melihat jumlah, karena dari pengamatan sementara ada jumlah yang sangat banyak di Riau. Makanya kami sekarang sedang menghitung, ada batasan jumlah, " ujar Rusidi Rusdan.

Menurut Rusidi Rusdan sesuai aturannya dalam juknis KPU surat nomor 1096 dibolehkan untuk penambahan hanya dua selain yang difasilitasi oleh KPU sebdiri.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved