Video Warga Antusias Ikuti Perekaman e-KTP di Stadion Kharuddin Nasution Pekanbaru

Disdukcapi Pekanbaru membuka pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Stadion kaharuddin Nasution Jalan Yosudarso, Rumbai

Video Layanan Perekaman e-KTP di Stadion Kharuddin Nasution Pekanbaru Rekam 218 Warga

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru membuka pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Stadion kaharuddin Nasution Jalan Yosudarso, Rumbai. 

Pelayanan perekaman data penduduk digelar sejak Senin (4/3/2019) lalu dan akan berlanjut sampai Rabu (6/3/2019) besok. Aktivitas perekaman KTP-el dibuka di selasar stadion yang berdekatan dengan lokasi parkir menghadap pintu gerbang utama.

Pantauan tribunpekanbaru.com di lokasi, Selasa (5/3/2019), puluhan warga berkerumun di sekitar areal pelayanan. Masyarakat yang datang mengantri tidak tertampung oleh kursi tunggu yang sediakan oleh petugas Disdukcapil. Alhasil pemohon memilih duduk berlesehan di sekitar teras maupun parkiran stadion, sambil menunggu giliran.

Baca: Sejumlah Kelurahan di Pelalawan Riau Bakal Dimekarkan

Baca: Marching Band Asal Rohul‎ Pukau Peserta Upacara Hut Damkar, Satpol PP dan Satlinmas di Pekanbaru

Meja pelayanan yang dibuka Disdukcapil terbagi dua. Satu meja dengan tiga pegawai wanita bertugas sebagai pos pendaftaran. Masyarakat yang datang melaporkan diri dengan menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Setelah nama pemohon dipanggil, diarahkan ke meja pelayanan kedua yakni perekaman data.

Di meja kedua ini ada dua petugas laki-laki dengan mengoperasikan perangkat perekaman KTP. Warga diminta duduk di depan petugas dengan latar karpet berwarna merah dan biru. Disinilah masyarakat difoto, sidik jari, hingga rekam retina mata. Ada juga petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ikut melayani dan menjaga ketertiban antrian pelayanan.

"Kami baru tahu semalam sore kalau ada perekaman disini, makanya baru datang sekarang," tutur seorang warga Rumbai yang mengaku bernama Meilisa Hariati (35) kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (5/3/2018).

Baca: Terbukti Bukan Ayah Biologis Putri DJ Verny, Denny Sumargo Akan Buka Suara

Baca: VIDEO: Sore Ini Siaran Langsung PSM Makassar vs Kalteng Putra Piala Presiden 2019, LIVE Indosiar!

Ibu satu anak ini mengaku cukup terbantu dengan dibukanya posko pelayanan rekam KTP ini. Sebab selama ini ia tak sempat ke kantor camat atau ke instansi terkait untuk merekam diakibatkan kesibukannya. Ia sendiri meminta izin sebentar dari tempat kerjanya untuk merekam data yang kebetulan tak jauh dari stadion.

Warga lainnya, Hardi Ibrahim (48) mengaku menemani putranya yang sudah berusia 17 tahun untuk merekam KTP. Selama ini dirinya tak sempat merekam di kantor kecamatan. Untuk hari ini ayah tiga anak ini meluangkan waktunya agar menuntaskan urusan identitas dasar bagi putranya.

Baca: Ahmad Rizal Terpilih Jadi Ketua KPU Siak 2019-2024

Baca: Video Siaran Langsung PSG Vs Manchester United di RCTI

"Respon petugas cepat kok. Cuman bangkunya aja yang kurang. Jadi banyak nunggu di emperan gini," tukasnya.

Masyarakat cukup antusias untuk merekam data di posko pelayanan KTP milik Disdukcapil yang sengaja dibuka selama tiga hari ini. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar, Satpol PP, dan Linmas tingkat nasional yang dipusatkan di Kota Pekanbaru.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Pekanbaru, Firsty Muniarti yang ditemui di lokasi menjelaskan, dua hari pelayanan dibuka disambut masyarakat penuh antusias. Warga mengantri sejak pagi hari sebelum jam pelayanan dimulai petugas.

"Hari Senin (4/3/2019) kemarin ada 218 orang yang merekam. Untuk hari ini belum bisa dihitung. Setelah pelayanan tutup baru bisa diambil datanya," tandas Firsty.(tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved