Kepulauan Meranti

Kepulauan Meranti Riau Akan Lakukan Tera Ulang Secara Mandiri Tahun ini

Kepulauan Meranti akan memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT) tera ulang mandiri tahun 2019 ini.

Kepulauan Meranti Riau Akan Lakukan Tera Ulang Secara Mandiri Tahun ini
Tribupekanbaru/theorizky
FOTO ILUSTRASI - Disperindag Kota Pekanbaru menera ulang timbangan para pedagang di Pasar Rumbai, Jalan Sekolah, Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru, Senin (19/3/2018) 

Kepulauan Meranti Riau Akan Lakukan Tera Ulang Secara Mandiri Tahun ini

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Kepulauan Meranti akan memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT) tera ulang mandiri tahun 2019 ini.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kepulauan Meranti menyampaikan bahwa tim penilai dari Kementerian Perdagangan telah turun langsung untuk mengecek alat, SDM dan fasilitas lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkopukm), Mohammad Aza Fahroni mengatakan, tim penilai dari Kementerian Perdagangan telah turun ke lapangan.

Baca: Peringati International Womens Day 8 Maret, 6 Film Kisah Perjuangan Wanita Bisa Kamu Tonton

Mereka mengecek langsung peralatan, SDM, serta fasilitas lainnya. Bahkan, tim telah pula mengekpos bahwa Metrologi Legal Kepulauan Meranti dinyatakan sudah bisa mandiri.

"Alhamdulillah, setelah dinilai, kita dinyatakan layak untuk mandiri. Meranti telah memenuhi sayarat, baik dari segi SDM, alat dan lainnya." Ujar Azza Jumat (8/3/2019).

Dirinya mengatakan peresmian nantinya akan dilakukan langsung oleh oleh presiden di Bandung pada 20 Maret yang ditandai dengan penandatangan prasasti.

"Dimana Metrologi Legal se-Indonesia dikumpulkan. Nanti saya akan hadir bersama bupati," kata Azza.

Setelah peresmian Azza mengatakan lalu akan dibentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT). Dengan adanya legalitas tersebut, Kabupaten Kepulauan Meranti dapat melaksanakan pelayanan tera ulang perizinan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) secara mandiri.

Baca: Tenis Meja PPLP Riau Bawa 8 Atlet Ikuti Kepri Open 2019

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal dan Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pada urusan perdagangan, metrologi legal menjadi wewenang dan tanggung jawab pemerintah kabupaten /kota.

Halaman
12
Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved