Berita Riau

Support DJP Kanwil Riau, Gubri Akan Kumpulkan Walikota dan Bupati Dorong Warganya Taat Bayar Pajak

Kami dari Pemprov Riau akan mensuport. Seluruh bupati dan wali kota saya minta nanti juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat

Support DJP Kanwil Riau, Gubri Akan Kumpulkan Walikota dan Bupati Dorong Warganya Taat Bayar Pajak
Tribunpekanbaru/SyaifulMisgiono
Sosialisasi Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2019 di Gedung Daerah, Jumat (8/3/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Gubenur Riau Syamsuar akan mensuport Direktorat Jendral Pajak atau DJP Kanwil Riau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membanyarkan pajak tahunannya. 

"Kami dari Pemprov Riau akan mensuport. Seluruh bupati dan wali kota saya minta nanti juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat," kata Syamsuar disela acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2019 di Gedung Daerah, Jumat (8/3/2019).

"Karena saya melihat ada kesenjangan antara wilayah terkait kesadaran wajib pajak dalam membayarkan pajaknya," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Gubri dalam waktu dekat juga akan mengadakan pertemuan dengan Bupati dan Walikota untuk membuat kesepakatan bersama dengan seluruh bupati agar sama-sama berkomitmen meningkatkan kesadaran masyarakatnya dalam membayarkan pajak.

Baca: Kesadaran Bayar Pajak Masih Rendah, DJP Kanwil Riau Luncurkan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan

Baca: Batas Akhir 31 Maret 2019, Begini Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Secara Online

"Sehingga apa yang ditargetkan oleh Kantor DJP Kanwil Riau bisa tercapai di tahun ini. Karena memang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak ini butuh gerakan bersama, tidak cukup hanya dengan Gubenur saja. Tapi juga harus diikuti oleh Bupati dan Walikota," ujarnya.

Sebab pemasukan dari sektor pajak sangat dibutuhkan untuk pembangunan insfrastruktur di Riau. Untuk itu pihaknya berharap masyarakat yang sudah menjadi wajib pajak agar membayarkan pajaknya tepat waktu.

"Karena untuk membangun Riau ini tidak cukup dengan APBD saja, tapi juga dari APBN, dan itu semua butuh uang dari pajak yang kita bayarkan," katanya.

Seperti diketahui, tingkat Kesadaran masyarakat di Provinsi Riau dalam membayarkan pajaknya masih rendah. Berdasarkan data yang dirilis Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kanwil Riau pada tahun 2016 realisasi wajib pajak laporkan SPT sebesar 58,34 persen.

Baca: Mau Lapor SPT Belum Bisa Akses e-Filing? Simak Cara Berikut, Batas Akhir 31 Maret 2019

Baca: Batas Akhir Lapor SPT Pribadi 31 Maret, Jangan Panik Jika Lupa Kode EFIN, Ikuti Langkah Berikut!

Angka ini meningkat sebesar 68,53 persen pada tahun 2017. Sedangkan pada 2018, realisasi wajib pajak yang melaporkan SPT sekitar 71,23 persen.

"Meski mengalami peningkatan jika dilihat dari angka-angka realisasi per 3 tahun belakangan. Namun potensi lepas masih cukup tinggi. Makanya tahun 2019 ini kami menargetkan realisasi sebesar 85 persen," kata Kepala DJP Kanwil Provinsi Riau Edward Hamonangan Sianipar disela acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2019 di Gedung Daerah, Jumat (8/3/2019).

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved