Breaking News:

Bawaslu Riau Minta KPU Segera Ganti Surat Suara Salah Cetak di Inhu

Badan Pengawas pemilihan Umum (Bawaslu) Riau memastikan 68.841 Surat Suara DPRD di Dapil 4 di Indragiri Hulu (Inhu) tidak dapat dipakai dalam Pemilu

Penulis: Guruh Budi Wibowo | Editor: Ilham Yafiz
FOTO/ISTIMEWA
Petugas pelipat suara sedang melipat surat suara Inhu, senin (18/3/2019). Petugas menghentikan proses pelipatan karena surat suara diketahui salah pencetakan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Badan Pengawas pemilihan Umum (Bawaslu) Riau memastikan 68.841 Surat Suara DPRD di Dapil 4 di Indragiri Hulu (Inhu) tidak dapat dipakai dalam Pemilu serentak 2019.

Hal itu lantaran terjadi cetak ganda nama Caleg di Dapil 4.

Ketua Bawalsu Riau, Rusidi Rusdan, mengatakan, hal itu terungkap pada saat dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Ia mengatakan nama Caleg yang tercetak ganda di surat suara DPRD Dapil 4, dari partai Garuda dengan nomor urut 5 dan 6 atas nama Akwilla Yohana.

Hal ini kata Rusidi, membuat kaget pihak KPU Kabupaten Inhu.

Pasalnya sudah 88 kotak atau sekitar 44.000 surat suara telah dilipat.

Bawaslu Inhu merekomendasikan untuk menghentikan Proses Pelipatan.

"Kita sudah pastikan sebanyak 68.841 surat suara tidak dapat dipakai dalam 17 April nanti," ungkapnya.

Lebih lanjut Rusidi menegaskan jika pihaknya juga melaporkan temuan ini ke KPU Riau untuk segera ditindaklanjuti dengan mengganti surat suara.

"Kita sudah koordinasikan kepada KPU Kabupaten Inhu untuk menyampaikan hasil temuan ini ke KPU Provinsi Riau agar secepatnya dapat mengirimkan surat suara penggantinya." tegasnya.

Ia berharap Pihak KPU sesegera mungkin memroses dan mengirimkan surat suara penggantinya, mengingat kurang lebih 30 Hari lagi masuk waktu Pencoblosan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved