Atletik Riau Siapkan 22 Atlet untuk Tampil di Porwil Sumatra 2019

PASI Riau menargetkan meloloskan banyak atlet ke PON Papua tahun depan melalui Porwil Sumatra yang dilaksanakan di Bengkulu.

Atletik Riau Siapkan 22 Atlet untuk Tampil di Porwil Sumatra 2019
antara
PASI Riau menyiapkan 22 atlet untuk dibawa ke Porwil Sumatra 2019 di Bengkulu. Namun belum ada kejelasan nomor pertandingan di Porwil nanti. 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Riau serius mempersiapkan atlet untuk tampil pada Porwil Sumatra di Bengkulu, yang akan dihelat Oktober 2019 nanti. Meski belum dipastikan jumlah nomor yang ditandingkan, namun PASI Riau sudah menyiapkan 22 atlet.

"Ke-22 atlet yang disiapkan itu untuk semua kategori. Mulai dari nomor lempar, lari, dan nomor lapangan. Mereka semua sedang kita genjot latihan setiap hari," kata Sekum PASI Riau, M Yusuf, Rabu (20/3) kepada Tribun.

Belum pastinya nomor pertandingan pada beberapa cabor ajang kualifikasi PON 2020 ini, menjadi keluhan tersendiri oleh pengurus daerah. Ketidakjelasan ini tak terlepas dari masih belum jelasnya nomor yang ditandingkan pada PON tahun depan di Papua, karena tuan rumah Papua belum mengumumkan.

Bisa jadi ini dikarenakan Papua masih mengkaji nomor atau kelas yang berpotensi meraih medali untuk mereka.

"Tapi tidak selama ini harusnya, bahkan sampai sekarang belum ada tanda-tanda. Sementara kita perlu mempersiapkan atlet. Makanya kita harapkan secepatnya ditentukan nomor Porwil ini," harapnya.

Cabor atletik merupakan ibu dari seluruh cabang olahraga. Jumlah nomor yang ditandingkan paling banyak, yakni 46 nomor. Namun PASI Riau bisa dipastikan tidak akan mengirim atlet full sesuai jumlah nomor yang ada. Bahkan bisa dipastikan juga, kemungkinan besar tidak semua nomor ditandingkan di Porwil nanti.

"Untuk kita Riau, berapa pun yang ditandingkan, tetap 22 atlet yang akan diberangkatkan ke Porwil," sebutnya.

Dari beberapa atlet atletik Riau yang lolos ke PON 2016 lalu di Jabar, sukses mempersembahkan 2 emas dan 3 perak. Pada PON tahun 2020 nanti di Papua, atletik Riau menargetkan lebih banyak meloloskan atlet, sehingga prestasi medali emas bisa dipertahankan.

Tuan rumah Porwil, Provinsi Bengkulu, menjadwalkan menggelar rapat akhir terkait jumlah cabor dan kelas yang akan ditandingkan, pada akhir Maret ini di Bengkulu.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, mengatakan rapat tersebut digelar sebagai tindak lanjut kepastian jumlah cabor dan nomor yang akan ditandingkan. KONI Riau sendiri sudah memutuskan akan mengirim 10 cabor pada Porwil di Bengkulu nanti. 10 cabor itu adalah atletik, renang, sepakbola, panjat tebing, catur, bulutangkis, kempo, biliar, tinju, dan muaythai. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved