Berita Riau

DPRD Riau Kritik Surat Penugasan ASN Pemprov Riau Hadiri Safari Dakwah TGB di Kota Pekanbaru

Wakil Komisi I DPRD Riau mempertanyakan sikap Pemprov Riau yang mengarahkan semua ASN dan THL secara masif menghadiri acara safari dakwah TGB di dua

DPRD Riau Kritik Surat Penugasan ASN Pemprov Riau Hadiri Safari Dakwah TGB di Kota Pekanbaru
kolase TribunSolo.com
Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Surat penugasan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau untuk menghadiri acara safari dakwah Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Pekanbaru Rabu (20/3/2019) menuai kritikan dari kalangan legislatif di Riau.

Wakil Komisi I DPRD Riau Taufik Arrkhman mempertanyakan sikap Pemprov Riau yang mengarahkan semua ASN dan THL secara masif menghadiri acara safari dakwah TGB di dua lokasi di Pekanbaru. Yakni di gedung Dang Merdu Bank Riaukepri dan di Masjid Annur.

"Kebijakan Sekdaprov yang mengarahkan ASN dan THL untuk menghadiri acara TGB melalui surat resmi itu jelas tindakan yang tidak arif. Karena sama-sama kita ketahui, bahwa TGB itu kan simpatisan dan mungkin masuk dari kubu pertahana" Kata Taufik.

Baca: Pegawai Wajib Hadir Safari Dakwah TGB, Pemprov Riau Terbitkan Surat Absen Buat Pejabat Hingga THL

Baca: GRN PAS Sebut Pendukung Prabowo di Riau Tak Akan Terpengaruh oleh TGB

Baca: Kedatangan TGB Dikritik Kubu 02, Ini Tanggapan Tim Jokowi-Ma’ruf di Riau

Taufik juga mengaku sudah menerima surat perintah Sekdaprov yang mengarahkan ASN dan THL hadir dalam acara itu. Dan sebagai wakil rakyat dirinya sangat menyayangkan sikap daripada sekdaprov Riau tersebut.

"Masih banyak ustad kita di Riau dan kenapa harus TGB. Saya juga memandang acara TGB pasti ada kepentingan politik. Ulama kita kan banyak yang netral untuk menyampaikan siraman rohani, "ujarnya.

Politisi Gerindra itu juga mempertanyakan alasan Sekdaprov mengeluarkan surat perintah ASN agar menghadiri acara TGB. Sebab Ia melihat ada unsur dipaksa ASN supaya bisa hadir dalam acara safari tersebut.

"Surat perintah itu ada sanksi bagi yang tidak hadir. Jadi jelas ASN yang hadir itu tentu ada unsur keterpaksaan sementara kesibukan mereka banyak dalam melayani masyarakat, "katanya.

Soal ada indikasi ke arah politik yang dibalut dalam safari dakwah TGB, politisi Gerindra ini menegaskan bahwa kegiatan itu tidak dipungkiri bisa mengarah politik mendukung salah satu paslon.

"Perlu diketahui ASN harus netral, dalam hal ini, " tegasnya.

Baca: Guru Gelar Aksi Damai di Pekanbaru, Sejumlah Sekolah Ternyata Meliburkan Siswanya

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengeluarkan surat yan ditujukan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau. Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi tersebut berisi soal instruksi kepada kepala OPD agar mengintruksikan pejabat eselon III dan IV agar hadir dalam acara safari dakwah bersama Zainul Majdi, Lc MA atau yang akrap disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ke Riau.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved