Rokan Hulu

Sekda Rohul Riau Sebut MTQ Tak Hanya untuk Seleksi Qori Berprestasi Namun Juga Ajang Silaturrahmi

MTQ ke 17 ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai tanggal 20-23 Maret 2019 yang ikuti 169 peserta dari 11 Desa Se Kecamatan Tambusai Utara,

Sekda Rohul Riau Sebut MTQ Tak Hanya untuk Seleksi Qori Berprestasi Namun Juga Ajang Silaturrahmi
Tribunpekanbaru.com/Donny
Pelepasan Pawai Taaruf MTQ di Tambusai Utara, Rabu (21/3/2019) 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos M.Si secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara, yang dipusatkan dihalaman Gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA), Rantau Kasai, Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rohul, Rabu (20/3/2019).

Sebelumnya, Pembukaan MTQ ke XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara ini berlangsung meriah dan dinilai setara dengan Pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten, diawali dengan Pawai Ta’aruf secara resmi dilepas oleh Sekda Abdul Haaris, yang diikuti ribuan peserta dari seluruh Desa Se Kecamatan Tambusai Utara, startnya dimulai dari lapangan Sepak Bola Sultan Zainal Abidin Syah, Rantau Kasai dan Finishnya di halaman Gedung LKA Tambusai Utara.

Baca: FOTO: Papan ISPU di Pekanbaru Menunjukkan Level Sedang

Kemudian, Piala bergilir yang diraih Desa Mahato pada MTQ ke 16 lalu, yang diserahkan Kades Mahato Firiadi ke Camat Tambusai Utara Mastur, kemudian Camat Mastur menyerahkankan Piala Bergilir tersebut ke Kepala Desa Tambusai Utara Ismar Antoni SE,i, bertanda MTQ Ke VII tingkat Kecamatan Tambusai Utara dimulai dan diperebutkan kembali seluruh peserta MTQ.

Pada kegiatan itu tampak juga dihadiri, Tokoh Masyarakat Tambusai Utara Sari Antoni SH, Kadis DPMPD Rohul Margono, Kapolsek Tambusai Utara AKP Nurman SH MH, Perwakilan Danramil, KUA Tambusai Utara, Kepala Desa Tambusai Utara Ismar Antoni SE.i, Kades Mahato Firiadi serta Kades Se Kecamatan Tambusai Utara.

Sekda Rohul, H. Abdul Haris yang mewakili Bupati Rohul H. Sukiman dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan MTQ ini selain sebagai ajang untuk melakukan pembinaan dan seleksi bagi Qori dan Qoriah terbaik Kecamatan untuk tampil di tingkat Kabupaten, juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi diantara masyarakat Tambusai Utara.

Baca: Gubri Belum Ada Jadwal, KONI Riau Harap Pemerintah Serius Panggil Perusahaan Bantu Tim PON

"Pelaksanaan MTQ ini sangat bermanfaat bagi kita semua, selain sebagai ajang lomba dalam seni membaca Alquran, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat Kecamatan Tambusai Utara. Karena selama pelaksanaan MTQ beberapa hari kedepan akan berkumpul seluruh masyarakat seluruh Desa-Desa se-Kecamatan Tambusai Utara," katanya.

Abdul Haris, menjelaskan Untuk Pelaksanaan MTQ ke 17 Tingkat Kecamatan Tambusai Utara tahun 2019 ini, dimulai dari Pawai Ta’aruf hingga pembukaan MTQ ini medapat ekspektasi dan antusias masyarakat cukup tinggi, pasalnya meski ditengah teriknya sinar matahari, Peserta Pawai Taa’ruf diikuti lebih dari 2.000 masyarakat sangat antusias.

"Melalui MTQ ini kita harapkan akan menumbuhkan rasa kebersamaan diantara masyarakat, sehingga ini menjadi modal besar, bagi kabupaten Rohul untuk membangun daerah kita kedepannya, ini juga sebagai spirit untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten, yang rencananya akan digelar April mendatang," imbuhnya.

Baca: Pengusaha Kapal di Kepulauan Meranti Riau Keluhkan Pungutan Retribusi di Luar Perda

Sementara, Kades Tambusai Utara, Ismar Antoni mengaku, MTQ Ke 17 Tingkat Kecamatan Tambusai Utara ini merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Tidak semata untuk mencari bibit bibit qori dan qoriah yang baik untuk disiapkan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten.

"Target kita sebagai tuan Rumah untuk mensukseskan MTQ ini, dimana MTQ tahun ini ada 4 cabang yang diperlombakan, yaitu Cabang Tilawah, Cabang Fahmil Quran, Cabang Sarhil Qur’an dan Cabang Tahfiz Qur’an 1 Juz dan 5 Juz," sebutnya.

Ismar Antoni mengaku, MTQ ke 17 ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai tanggal 20-23 Maret 2019 yang ikuti 169 peserta dari 11 Desa Se Kecamatan Tambusai Utara, antara lain Desa Tambusai Utara 22 Peserta, Mahato 23 peserta, Bangun Jaya 24 peserta, Suka Damai 10 Peserta, Payung Sekaki 12 Peserta, Pagar Mayang 10 peserta, Mekar Jaya 22 peserta, Rantau sakti 22 peserta, Tanjung Medan 22 peserta, Simpang Harapan 2 Peserta, sementara Desa Mahato Sakti tidak ada mengirimkan peserta.

Baca: Nyaris Dibunuh oleh Mantan Kades di Rohul Riau, Yusrianto: Anak Saya Trauma

"MTQ ini diikuti sebanyak 169 peserta, suksesnya MTQ ini tidak terlepas dukungan dari seluruh pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada Sekda Rohul, Tokoh Masyarakat Tambusai Utara Sari Antoni SH, Camat, KUA, Kapolsek atas kerjasama dengan panitia dan seluruh masyarakat Desa Tambusai Utara, serta Erni Water dan Perusahaan yang beroperasi diwilayah Tambusai Utara dan Donatur lainnya," pungkasnya.(Tribunrohul.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved