Breaking News:

Inhu

Kesbangpol Inhu Riau Harapkan Peran Kehumasan untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2019

Lebih jauh ia mengharapkan melalui Forum Bakohumas ini untuk bersama menangkal ujaran kebencian dan penyebaran berita Hoax.

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: CandraDani
Istimewa
Asisten I Setdakab Inhu, Asriyan membuka acara pertemuan tematik Bakohumas di Aula Bappeda Inhu, Jumat (21/3/2019). 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Menjelang Pemilu 2019, Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Indragiri Hulu menggelar pertemuan tematik di Aula Bappeda Inhu, Jumat (22/03/2019).

Pertemuan ini menghadirkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Inhu sebagai narasumber sekaligus sebagai tuan rumah pertemuan.

Acara yang ditaja oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu ini merupakan pertemuan pertama di tahun anggaran 2019 ini yang merupakan agenda rutin dari Kegiatan Bakohumas Inhu.

Baca: Masyarakat Riau Tidak Boleh Golput, Gubri Syamsuar: TNI dan Polri Sudah Mengamankan di Setiap TPS

Baca: Gubri Syamsuar Ingatkan ASN di Riau Harus Netral dalam Pemilu, Termasuk Bupati dan Walikota

Acara Pertemuan Tematik Bakohumas dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Inhu, Asriyan, dan juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Inhu, Jawalter Situmorang serta para anggota Bakohumas.

Anggota Bakohumas sendiri merupakan praktisi kehumasan di lingkungan OPD, instansi vertikal, Kejari Inhu, Manggala Agni, perwakilan bank, TNBT, PD Indragiri, serta BUMN dan BUMD di Kabupaten Inhu.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah yang juga selaku Ketua Umum Bakohumas yang dibacakan oleh Asriyan, dijelaskan bahwa pertemuan Bakohumas ini merupakan wadah pertukaran dan diseminasi informasi, dan membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi, serta untuk menjalin koordinasi dan sinergitas antar instansi yang tergabung didalamnya.

Baca: Polres Bengkalis Bersama TNI Laksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Lebih jauh ia mengharapkan melalui Forum Bakohumas ini untuk bersama menangkal ujaran kebencian dan penyebaran berita Hoax.

"Dalam menghadapi pemilu yang akan datang nanti diharapkan para praktisi humas pemerintah untuk menangkal isu negatif terutama yang berkaitan dengan kampanye hitam, provokasi, fitnah, ujaran kebencian, intimidasi, anarkisme, dan penyebaran hoax" ujarnya.

Selain itu, Bakohumas sebagai corong informasi pemerintah diharapkan bisa menyebarluaskan informasi yang resmi di masyarakat.

Bakohumas juga diminta bersama-sama dengan masyarakat untuk menjaga dan memelihara stabilitas keamanaan dan ketertiban serta menciptakan suasana yang aman, damai dan kondusif.

"Menjadi tugas kita bersama untuk memberikan informasi yang jelas, bersih dan resmi kepada masyarakat, dan memberantas penyebaran hoax" lanjutnya menambahkan.

Baca: FOTO: Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 di Halaman Kantor Gubernur Riau

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Inhu melalui Kasubbid Karakter Bangsa Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Inhu, Reni Maralis, menilai peran humas dalam penyebarluasan informasi resmi sangat penting, apalagi saat menjelang masa pemilu 2019 ini.

Ia berharap melalui anggota Bakohumas yang hadir ini bisa memberikan informasi dan menyebarluaskannya ke masyarakat.

“Dalam rangka meningkatkan partisipasi politik dalam pemilu 2019, Badan Kesbangpol melakukan beberapa upaya diantaranya, melaksanakan pendidikan politik kepada seluruh elemen masyarakat , melaksanakan penguatan sistem dan implementasi pemilu kepada aparatur pemerintah yang menangani pemilu serta melaksanakan monitoring dan pemantauan dampak politik pemilu,” ujarnya.

Kesbangpol Inhu juga mengantisipasi kerawanan Pemilu dengan melakukan monitoring untuk semua tahapan pemilu, serta berkoordinasi antar lembaga terkait, tokoh masyarkat dan tokoh agama untuk mengantisipasi berbagai perkembangan dalam semua tahapan pemilu.

Baca: Kawal ke Daerah Sulit. Polda RIau Pastikan Pengamanan Distribusi Logistik Pemilu

Di samping itu mencipatakan ketertiban dan keamanan, meredam segala bentuk aksi atau demonstrasi yang berpotensi meluas ke daerah lain, menyamakan persepsi dengan KPU, Bawaslu dalam koordinasi pelaksaan Pemilu.

Partisipasi pemilih pada pilgub yang lalu di Kabupaten Indragiri Hulu masih tergolong rendah yakni sekitar 57%, untuk itu ia berharap melalui acara pertemuan Bakohumas ini, para peserta yang hadir bisa turut mensosialisasikan pemilu 2019 sehingga partispasi aktif masyarakat untuk Pemilu nanti bisa meningkat.

Sementara itu, Kepala Seksi Kemitraan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Inhu Nurizal Murza Indra menyampaikan pertemuan itu berjalan lancar. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved