Berita Riau

Rencana Gubri Pangkas Jumlah Dinas Sedang Diproses Biro Hukum, Ini Tanggapan DPRD Riau

Revisi Perda nomor 4 Tahun 2016 tersebut dilakukan menyusul adanya keinginan Gubri yang baru, Syamsuar, untuk mengurangi jumlah OPD

Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Rencana Gubri Pangkas Jumlah Dinas Sedang Diproses Biro Hukum, Ini Tanggapan DPRD Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah mempersiapkan revisi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Riau Nomor 4 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Riau. Dimana dalam Perda tersebut Pemprov Riau memiliki 40 Organisasi Perangkat Daerah.

Rinciannya ada 25 dinas dan 7 badan dan 3 asisten dan beberapa biro.

Revisi Perda nomor 4 Tahun 2016 tersebut dilakukan menyusul adanya keinginan Gubernur Riau (Gubri) yang baru, Syamsuar, untuk mengurangi jumlah OPD dari 40 OPD menjadi 37 OPD.

Pengurangan tersebut ada beberapa dinas yang dilebur dan digabungkan, namun ada juga beberapa dinas yang dipisahkan.

Baca: MTQ ke VII Kecamatan Rangsang Pesisir Kepulauan Meranti Riau Resmi Dibuka

Kepala Biro Organisasi Provinsi Riau, Jonli akhir pekan lalu mengatakan, draf revisi Perda tentang pengurangan OPD tersebut sudah diserahkan ke Biro hukum untuk dilakukan harmonisasi.

Pihaknya menargetjan dalam waktu harmonisasi bisa dituntaskan dibagian untuk dan selanjutnya diserahkan kepada Gubernur untuk selanjutnya di setujui Gubernur sebelum nantinya dibahas bersama dengan anggota DPRD Riau.

“Sekarang berkas itu sudah di biro hukum, diharmonisasi dulu. Setelah disetujui dan diteken Pak Gubenur baru nanti dibuat Perdanya dengan persetujuan DPRD Riau. Waktunya masih panjang, targetnya di tahun 2020 sudah dijalankan,” kata Jonli.

Jonli mengungkapkan, pengurangan OPD merupakan terobosan yang dilakukan oleh Gubri Syamsuar untuk melakukan efisiensi dan efektifitas OPD yang ada di lingkungan Pemprov Riau.

"Sesuai dangan arahan Pak Gubernur, ini untuk efisiensi dan Efektifitas dalam organiasi yang ada di Pemprov Riau. Pak Gubernur kan sudah menjelaskan bahwa OPD ini harus tepat fungsi dan tepat sasaran,” ujarnya.

Baca: Daftar Drama Korea yang Paling Dicari Masyarakat Korea Bulan Maret, Kamu Suka Drakor yang Mana?

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved