Bengkalis

VIDEO: Hari Pertama Ujian Nasional di SMKN 3 Bengkalis Berjalan Lancar

elaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Bengkalis berjalan lancar tanpa kendala

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Bengkalis berjalan lancar tanpa kendala.

Pelaksanaan UN di sekolah ini sudah menggunakan sistem komputerisasi atau dikenal dengan sebutan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

UNBK di sekolah ini dilaksanakan dengan dua sesi selama pelaksanana UN, Untuk sesi pertama dilaksanakan pagi sekitar pukul 07.30 WIBhingga pukul 09.30 WIB, kemudian sesi kedua mulai pukul 10.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

Hal ini diungkap Kepala Sekolah SMKN 3 Bengkalis Kusno ditengah tengah pelaksanaan UNBK di SMKN 3 Bengkalis, Senin (25/3) pagi.

Menurut dia untuk satu sesi pihaknya menyediakan dua ruangan untuk pelaksanaan UNBK ini.

"Kita ada dua ruangan satu sesinya, untuk sesi pertama di ikuti sekitar 30 orang siswa. Jadi sesi pertama tadi ada sebanyak 60 siswa yang ujian.

Baca: LIVE STREAMING TRANS7, MotoGP Argentina 2019 Seri Kedua, Video Live Sirkuit Rio Hondo

Baca: VIDEO: Siaran Langsung Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 Grup 5 Top 21 Malam Ini Live Indosiar

Baca: Siaran Langsung Myanmar Vs Indonesia, Video MNCTV Streaming, Hari Ini Pukul 18.00 WIB

Baca: Tragis, Bayi Ini Meninggal Dunia Usai Disunat Orangtuanya

Baca: Mbah Mijan Ramal Asmara Gisel dan Wijin, Sebut Ada Hal yang Buat Mereka Tak Akan Sampai ke Pelaminan

Sementara sesi kedua ini diikuti sebanyak 53 siswa. Dengan jumlah satu ruang sebanyak 30 siswa, kemudian ruangan kedua sebanyak 23 siswa.

"Jadi pas seluruhnya siswa kita yang ikut UNBK tahun ini sebanyak 113 siswa," tambahnya.

Seratusan lebih siswa yang mengikuti ujian ini terdiri dari siswa jurusan teknik komputer dan jarigan, kemudian jurusan Teknik Sepeda motor serta teknik gambar bangunan. "Jadi semua siswa hari pertama ini ikut serta dalam UNBK kali ini. Memang sempat ada yang sakit tadi, namun masih bisa ikut serta ujian,terangnya.

"Untuk pelaksanaan UNBK akan diselenggarakansampai tanggal 28 Maret mendatang. Kemudian akan disambung dengan ujian kompetensi jurusan, makannya UN SMK lebih awal di laksanakan dari pada SMA karena memang masih ada rangkaian ujian selanjutnya setelah ini," tambahnya.

Murid di SMKN 2 Pekanbaru mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di sekolahnya, Senin (11/3/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY)
Murid di SMKN 2 Pekanbaru mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di sekolahnya, Senin (11/3/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) (Tribun Pekanbaru/Theo Rizky)

Menurut Kusno sejauh ini dalam pelaksanaan UNBK tidak ada menemukan kendala baik kendala jaringan maupun listrik. "Sejauh ini UNBK yang kita laksanakan sudah ke tiga kalinya. Untuk jaringan tidak ada kendala, apalagi saat ini kita sudah menambah jaringan baru untuk meningkat kemampuan internet kita. Kemudian terkait ketersedian listrik untuk tidak memutuskan aliran listrik saat pelaksanaan UNBK ini," pungkasnya.

Menurut dia, selain kendala teknis kendala lain terkait pelaksanaan UNBK tahun ini juga tidak ditemukan kendala berarti, apalagi siswa yang mengikuti UNBK ini sudah terlebih dahulu melakukan tryout beberapa kali.

"Siswa sudah terbiasa di sini menggunakan komputer, apalagi jurusan disini rata rata juga menggunakan komputer saat belajar sehari hari. Sehingga bisa di bilang sudah terbiasa dengan penggunaan komputer," tegasnya.

Sementara itu, peralatan pelaksanaan UNBK di SMKN 3 Bengkalis sepenuhnya menggunakan peralatan dan perlengkapan sekolah. Karena sudah dibantu pemerintah dalam pengadaan perlengkapan UNBK sebelumnya.

"Ini tahun ketiga, jadi peralatan yang digunakan semuanya sudah milik kita bantuan yang diberikan pemerintah," tandasnya.(sir)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved