Berita Riau

Bawaslu Riau Pastikan KPU Riau Jalankan Putusan MK

Bawaslu Riau akan turut menyosialisasikan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ke tengah-tengah masyarakat.

Bawaslu Riau Pastikan KPU Riau Jalankan Putusan MK
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam Pemilu dan Pilpres 2019 tingkat Provinsi di Halaman Kantor KPU Riau, Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Minggu (24/3/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Bawaslu Riau Pastikan KPU Riau Jalankan Putusan MK

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau akan turut menyosialisasikan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ke tengah-tengah masyarakat.

Dengan demikian, putusan hukum tersebut bisa dipahami seluruhnya oleh masyarakat.

"Pertama itu ya. Harus disosialisasikan, jangan sampai putusan MK itu dipelintir oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat Pemilu tidak aman," ujar Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, Jumat (29/3/2019).

Terkait pengawasan kata Rusidi Rusdan, pihaknya akan melakukan pengawasan agar putusan MK tersebut dilaksanakan oleh KPU.

Baca: Soal Layanan Pindah Memilih, KPU di Riau Langsung Jalankan Putusan MK

Bawaslu juga kata Rusidi akan melanjutkan pengawasan untuk pendaftaran pindah pemilih tertentu agar realisasinya sesuai dengan amanah MK.

"Kami akan pastikan KPU melaksanakan putusan MK itu, kan untuk pindah TPS tertentu yang diberi penambahan waktu hingga H-7 pemungutan suara hanya bagi pemilih yang mengalami sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan, serta karena menjalankan tugas pada saat pemungutan suara. Kami memastikan tidak ada pihak lain yang memanfaatkan itu," ujar Rusidi Rusdan.

Rusidi mengakui putusan MK memperpanjang waktu penghitungan suara Pemilu 2019 di tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 12 jam sejak berakhirnya hari pemungutan suara atau hingga Kamis (18/4/2019) pukul 12.00 bakal merepotkan pengawas TPS Bawaslu.

Baca: Cari Sumber Bau di Sekitar Rumah di Kampar Riau, Keponakan Temukan Paman Sudah Meninggal Tergantung

Apalagi, setiap TPS, Bawaslu hanya menugaskan satu orang pengawasnya.

"Ya, ada penambahan jam kerja. Mereka harus bekerja dam waktu yang lama, tidak ada yang menggantikan mereka. Namun, kami minta kepada pengawas agar tidak begitu memporsir tenaga, harus ada istirahat sebentar lah," ujar Rusidi. (Guruh Budi Wibowo).

Saksikan juga berita video menarik dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved