Berita Riau

KPU Riau Harap Kekurangan Surat Suara Sudah Tiba Awal April

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau harapkan pengiriman kekurangan ini dilakukan awal April ini.

Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
FOTO ILUSTRASI - KPU Indragiri Hulu Terima 1.468.721 Surat Suara untuk Pemilu 2019 

KPU Riau Harap Kekurangan Surat Suara Sudah Tiba Awal April

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setidaknya menurut catatan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau ada 100 ribu lebih lembar surat suara yang rusak di seluruh Kabupaten dan Kota di Riau dan akan diganti KPU Pusat melalui percetakan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau harapkan pengiriman kekurangan ini dilakukan awal April ini.

Sehingga tidak terganggu nantinya proses pendistribusian ke Kecamatan yang rencananya dimulai paling cepat 10 April mendatang.

Baca: Hanya 38 Persen Anggota Dewan di Riau Lapor Harta Kekayaan, Pekanbaru Termasuk Rendah

Sebagaimana diketahui rata-rata begitu diketahui rusak langsung diinput dan datanya langsung share oleh KPU Kabupaten/kota masing-masing ke pihak percetakan cc ke KPU RI.

"Informasi terakhir prosesnya sudah dipercetakan semua, kapan kirimnya? kita berharap diawal April sudah mulai masuk surat suara penggantinya ke Kabupaten/kota masing-masing yang ada kaporan kekurangannya," ujar Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir kepada Tribun Selasa (2/4).

Untuk pengiriman logistik sendiri dilakukan seminggu jelang hari pencoblosan ke Kecamatan sebelum dibawa ke Tempat Pemungutan Suara pada hari pencoblosan.

"Paling cepat 10 April 2019 sudah didistribusikan ke Kecamatan," ujar Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.

Ilham Yasir juga menambahkan untuk saat ini proses pelipatan surat suara sudah tuntas di KPU Kabupaten dan Kota tinggal pendistribusian saja ke Kecamatan.

Baca: VIDEO Jadwal Perempatfinal Liga Champion 2018/2019, Manchester United vs Barcelona, Ajax vs Juventus

Komisioner KPU Riau lainnya Abdul Rahman mengatakan khusus untuk beberapa wilayah yang akses dan medannya yang sulit akan didahulukan pengiriman dari daerah lain.

"Biasanya distribusinya agak dicepatkan aja dari yang lain karena untuk antisipasi adanya kendala di jalan," jelas Abdul Rahman.

Sedangkan untuk tempat penyimpanan logistik surat suara dan lainnya di Kecamatan, menurut Abdul Rahman tergantung daerah masing-masing, biasanya disimpan di kantor Camat. (*)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved