Pekanbaru

Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Taja Seminar Aplikasi Perawatan Luka Akut dan Kronis

Seminar dengan tema Aplikasi Perawatan Luka Akut dan Kronik pada Pelayanan Klinis di Rumah Sakit dan Komunitas, Sabtu

Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Taja Seminar Aplikasi Perawatan Luka Akut dan Kronis
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Ketua Stikes Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed (ujung kiri) dan Sekretaris Yayasan Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Ir. Surya Maulana, MSC (ujung kanan) saat berfoto bersama pemateri seminar, Sabtu (6/4/2019). 

Stikes Al-Insyirah Pekanbaru Taja Seminar Aplikasi Perawatan Luka Akut dan Kronis

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Al-Insyirah Pekanbaru menggelar kegiatan seminar dengan tema Aplikasi Perawatan Luka Akut dan Kronik pada Pelayanan Klinis di Rumah Sakit dan Komunitas, Sabtu (6/4/2019).

Kegiatan yang bertempat di salah satu hotel di Pekanbaru ini, dihadiri oleh seratusan peserta baik dari mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan (program profesi Ners), utusan rumah sakit, instansi maupun institusi pendidikan di beberapa Kabupaten/Kota di Riau.

Dijelaskan Ketua Stikes Al-Insyirah Pekanbaru, Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S.Kep, M.Biomed, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi keperawatan, terutama dibidang penanganan luka.

Baca: Penyadap Getah Berpura-pura Jadi Dukun: Kibuli 4 Siswi, Suruh Buka Baju dan Memperkosa hingga Hamil

"Peningkatan kualitas dan kompetensi perawat harus dilakukan secara komprehensif, tidak hanya mengandalkan teori di institusi saja, tapi harus ditambah dengan masukan dari eksternal. Dalam hal ini kita menghadirkan pakar yang membahas soal perawatan luka yang akut dan kronis," katanya.

Dia melanjutkan, seminar perawatan luka ini diharapkan, mampu menyeimbangkan teori yang didapat diperkuliahan, dengan praktik di lapangan. Sehingga ada peningkatan pelayanan terhadap pasien.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih kepada pemateri. Kita juga mendapatkan support dari Yayasan, yang turut menghadiri kegiatan pembukaan yang ditaja Program Studi Keperawatan," sebutnya.

Dibeberkan Rifa, perawatan luka yang baik, sangat penting bagi pasien. Karena ini juga menyangkut sterilisasi pasien.

Keilmuan dan praktik yang baik yang dimiliki seorang perawat, akan turut mempengaruhi peningkatan pelayanan terhadap si pasien tersebut.

"Jadi perawat bisa mengimbangi mitra kerjasama dengan dokter, maka pembahasan soal perawatan luka ini sangat urgent. Misalnya kalau dokter sudah memberikan terapi yang baik, namun perawatnya tidak memberikan perawatan luka yang baik, tidak akan sinkron, kasihan pasiennya," ulas Rifa lagi.

Baca: Tiba-tiba Tak Dapat Berenang, Remaja di Kepulauan Meranti Riau Tewas Tenggelam Usai Mencebur ke Laut

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved