Berita Riau

Roro Dumai-Malaka Dioperasikan Akhir Tahun Ini, Begini Persiapannya

Layanan transportasi laut yang menghubungkan Dumai - Malaka, Malaysia ditargetkan sudah mulai dioperasikan akhir tahun ini.

Roro Dumai-Malaka Dioperasikan Akhir Tahun Ini, Begini Persiapannya
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
FOTO ILUSTRASI - Suasana di Pelabuhan Roro Dumai Rupat Kamis (2/8/2018) sore. 

Roro Dumai-Malaka Dioperasikan Akhir Tahun Ini, Begini Persiapannya

TRIBUNPEKANBARU.COM - Layanan transportasi laut yang menghubungkan Dumai - Malaka, Malaysia ditargetkan sudah mulai dioperasikan akhir tahun ini.

Kedua negara bahkan sudah duduk satu meja membahas terobosan baru ini. Pertemuan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Pemprov Riau yang mewakili pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia pada pekan lalu menyepakati kerjasama transportasi melalui jalur laut dengan mengoperasikan kapal Roll On-Roll Off (RoRo) dengan Rute Dumai-Malaka.

"Kalau tidak akhir 2019, awal 2020 RoRo sudah jalan," Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (8/4/2019).

Baca: Ini 3 Pilihan HP Harga 2 Jutaan Spesifikasi Dewa, Dibekali 2 Kamera Belakang dan RAM Hingga 4 GB

Kedua pemerintah di negara ini mengharapkan adanya kemudahan bagi masyarakat untuk saling menjangkau satu sama lain. Dengan dioperasikannya kapal Roro tersebut, maka masyarakat di Provinsi Riau akan lebih mudah untuk melintas ke Malaysia, demikian pula sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Taufik OH, Senin (8/4/2019) mengungkapkan, pihaknya akan segera membentuk tim kecil untuk membahas persoalan teknis terkait kesiapan jelang dioperasikan Roro Dumai - Malaka.

Tim kecil melibatkan kementrian perhubungan, Pemprov Riau, Pemko Dumai dan pihak kepolisian serta Pelindo.

"Yang paling penting kita diminta untuk membahas masalah teknis dengan membentuk tim kecil. Kita terdiri dari kementerian dan kita dari daerah," ujarnya.

Selain itu, tim ini juga akan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk kendaraan dari masing-masing negara agar bisa dilalui oleh kedua negara itu.

"Kalau fasilitas nanti Pelindo dan pemko Dumai yang siapkan Pelabuhan di Dumai. Tapi ini juga nanmti akan di bahas dalam rapat teknis lanjutan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved