Sport

Anggaran Tim Popnas Riau Dibutuhkan Rp 10 M, Tersedia Hanya Rp 2,5 M, Ini Kata Kadispora Riau

Tim Dispora Riau sejak awal sudah menasbihkan, tampil dalam ajang paling bergengsi di kalangan pelajar se-Indonesia Popnas.

Anggaran Tim Popnas Riau Dibutuhkan Rp 10 M, Tersedia Hanya Rp 2,5 M, Ini Kata Kadispora Riau
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
FOTO ILUSTRASI - Kadispora Riau Doni Aprialdi lepas keberangkatan Atlet atletik PPLP Riau Andika Firdaus ke Pelatnas atletik jangka panjang. 

Anggaran Tim Popnas Riau Dibutuhkan Rp 10 M, Tersedia Hanya Rp 2,5 M, Ini Kata Kadispora Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Perhelatan Popnas XV tahun 2019 ini di Papua semakin dekat, yakni tanggal 10-18 Oktober mendatang.

Tim Dispora Riau sejak awal sudah menasbihkan, tampil dalam ajang paling bergengsi di kalangan pelajar se-Indonesia tersebut.

Bagaimana tidak, Tim Riau sudah menorehkan prestasi gemilang dalam PON-nya para pelajar ini. Sukses finis di peringkat lima nasional pada Popnas 2017 di Jateng, dan juara umum pada level Sumatera di bawah binaan Kepala Dispora Riau Doni Aprialdi.

Prestasi serupa akan kembali dicatatkan dalam buku skor nasional, bahkan Dispora Riau menargetkan bisa menyalip empat tim asal pulau Jawa, sehingga bisa masuk zona big four nasional.

Hanya saja Dispora Riau masih mengalami kebuntuan mengenai anggaran. Meski anggaran Popnas sudah dianggarkan dalam APBD Riau 2019 sebesar Rp 2,5 miliar, namun jumlah ini diyakini tidak bisa mengcover skuad Popnas Riau, yang rencananya memboyong 17 cabor, dari 20 cabor yang dipertandingkan di Popnas Papua nanti.

"Kalau ada sebesar itu (Rp 2,5 M), hanya bisa membawa sekitar 12 cabor. Itu pun atlet yang dikirim, yang dinilai berpotensi meraih medali saja. Sementara kita inginkan kirim 17 cabor, termasuk tarung drajat. Dana yang dibutuhkan untuk 17 cabor tersebut sekitar Rp 7-10 miliar," kata Kadispora Riau Doni Aprialdi, Rabu (10/4/2019) kepada Tribunpekanbaru.com.

Baca: Obsesi Aneh Pria Tua Pengoleksi Puluhan Boneka Berhantu, Tak Peduli Firasat Buruk Istri

Baca: Boneka Seks Kado Ulang Tahun ke-18 dari Ayah, Boleh Digunakan untuk Beginian

Baca: Harga 3 Cairan Ini Bisa Bikin Kaya Mendadak! Bisa Ular Kobra Dijual Rp 1,8 M

Baca: Rombongan Pelaut Temukan Kapal Hantu, Pemandangan di Dalamnya Membuat Mereka Ketakutan!

Dijelaskan, karena kondisi ini pihaknya akan melaporkan ikhwal ini kepada Gubernur Riau Syamsuar. Mulai dari kesiapan tim saat ini, peluang perolehan medali, hingga kondisi anggaran yang ada dalam APBD Murni 2019.

Bahkan dirinya bersama kepala bidang terkait, akan memaparkan juga prestasi yang sudah diraih selama ini, termasuk prestasi pada Popnas di Jateng pada 2017 lalu. "Para atlet ini kan kita bina secara kontinue dan mereka sudah tunjukkan hasilnya melalui beberapa event besar, termasuk Kejurnas PPLP. Sangat ironis jika kita tidak memberangkatkan mereka ke Papua, jika hanya persoalan dana. Apalagi target kita menjadi yang terbaik," tambahnya.

Dengan kondisi seperti ini, Doni mengharapkan agar Gubernur Riau memberikan solusi terbaik, dengan cara menambahkan anggaran Popnas tim Riau pada APBD-Perubahan Riau 2019. Lebih dari itu, pihaknya juga meminta dukungan dan kerjasama dari pihak terkait lainnya.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved