Kepulauan Meranti

Guru di Kepulauan Meranti Riau Mendapat Pemaparan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan

pentingnya menjaga keutuhan NKRI apalagi Meranti berada dikawasan lintas batas yang cukup rawan dirasuki berbagai ideologi luar.

Guru di Kepulauan Meranti Riau Mendapat Pemaparan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan
Tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan
Pemerintah Kebupaten Kepulauan Meranti bekerjasama bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada para guru di 2 Kecamatan yakni Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Tebing Tinggi Timur, kegiatan ini dipusatkan di Aula Kecamatan Rangsang, Rabu (10/4/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Pemerintah Kebupaten Kepulauan Meranti bekerjasama bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada para guru di 2 Kecamatan yakni Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Tebing Tinggi Timur, kegiatan ini dipusatkan di Aula Kecamatan Rangsang, Rabu (10/4/2019).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik (guru) tentang 4 Pilar Kebangsaan. Dalam sosialisasi tersebut, hadir anggota Komisi X DPR RI H Jon Erizal.

Jon Erizal memaparkan, pentingnya menjaga 4 pilar kebangsaan terutama kepada para guru agar dapat melakukan pendekatan edukatif kepada peserta didik generasi penerus bangsa agar terhindar dari tindak kriminal yang dilakukan generasi muda, misalnya tawuran, pencurian, dan perbuatan negatif lainnya.

Baca: Tiga Desa di Kepulauan Meranti Riau akan Terima 101 Rumah BSPS

Seperti diketahui 4 Pilar Kebangsaan merupakan Tiang Peyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman tentram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan bencana.

Empat pilar tersebut meliputi Pilar Pancasila, Pilar UUD 1945, Pilar Negara Kesatuan RI, dan Pilar Bhineka Tunggal Ika.

"Itu sebabnya lembaga pendidikan baik sekolah maupun keluarga menjadi faktor penentu bagi generasi muda. Sekolah dan orang tua harus dapat memberikan wadah yang baik bagi anak muda untuk menyalurkan ide dan kreatifitas mereka kepada hal-hal yang positif," ungkap Jon Erizal.

Selanjutnya ada juga pemaparan dari Srikandi Meranti Hj. Jahlelawati.

Baca: KPU Sebut Meranti dan Inhil Daerah Paling Sulit untuk Distribusi Logistik Pemilu

Dirinya menjelaskan tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI apalagi Meranti berada dikawasan lintas batas yang cukup rawan dirasuki berbagai ideologi luar.

Pada kesempatan itu ia berharap para guru dapat menyalurkan semangat patriotisme kepada peserta didik dengan cara mengajak siswa terus belajar dari sejarah perjuangan bangsa, mengingat untuk menjadi bangsa yang besar jangan sampai melupakan sejarah.

Baca: Pilkades Serentak Kepulauan Meranti Riau Akan Dilaksanakan Juni, Berikut Tahapannya

"Jangan lupa kiprah guru sebagai pendidik merupakan harapan bangsa, dan jika ingin menjadi bangsa yang besar jangan sampai melupakan sejarah," ucap Srikandi Pemekaran Meranti itu.(Tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved