Pekanbaru

Dinas PUPR Riau Gandeng Masyarakat Sekitar Cegah Aksi Pencurian Meterial Jembatan Siak IV

Dinas PUPR Riau mengandeng masyarakat yang berada di sekitar Jembatan Siak IV untuk bersama-sama menjaga material jembatan

Dinas PUPR Riau Gandeng Masyarakat Sekitar Cegah Aksi Pencurian Meterial Jembatan Siak IV
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Petugas Dinas Perhubungan Provinsi Riau melihat baut-baut yang hilang pada Jembatan Marhum Bukit atau Jembatan Siak IV Pekanbaru, Senin (15/4/2019). (TRIBUNPEKANBARU/THEO RIZKY). 

Dinas PUPR Riau Gandeng Masyarakat Sekitar Cegah Aksi Pencurian Meterial Jembatan Siak IV

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau mengandeng masyarakat yang berada di sekitar Jembatan Siak IV untuk bersama-sama menjaga material jembatan yang diberi nama Marhum Bukit tersebut.

Peran serta masyarakat sekitar sangat dibutuhkan untuk menjaga aset tersebut sebab masyarakat yang ada disekitar jembatan tersebut lah yang bisa memantau setiap saat jika ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab gerak-geriknya mencurigakan.

Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto, Kamis (18/4/2019) mengungkapkan, banyaknya komponen Jembatan Marhum Bukit seperti baut, kabel penangkal petir dicuri maling, pihaknya mengimbau agar masyarakat sama-sama menjaga aset jembatan tersebut.

"Atas kejadian hilangnya komponen jembatan Marhum Bukit, sejauh ini kami bekerjasama dengan masyarakat setempat, agar jembatan sama-sama kita jaga," katanya.

Baca: Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A Tak Jadi Dapat Android Pie

Sejauh ini pihaknya sudah melalukan komiunikasi dengan masyarakat yang berada sekitar jembatan Marhum Bukit. Masyarakat sekitar pun berkomitmen menjaga aset jembatan tersebut. Tidak hanya itu, masyarakat sekitar pun siap mengamankan pelaku pencuri material jembatan Marhum Bukit tersebut.

"Mari sama-sama kita jaga aset jembatan ini. Karena kalau komponen dari jembatan ini dicuri itu sangat berbahaya. Karena daya dukung dan kekuatan jembatan berkurang," ujarnya.

Berdasarkan hasil pendataan sementara yang dilakukan Dinas PUPR, jumlah baut Jembatan Siak IV yang hilang dicuri maling sebanyak 45 unit. Rincianya 43 baut diposisi girder dan 2 unit di balok penahan.

"Itu hasil pendataan sementara kita di hari Jumat kemarin, bisa saja jumlah ini terus bertambah kalau tidak segara kita cegah," kata Pengendali Jembatan Siak IV Dinas PUPR Riau, Maisar Damri, Senin (15/4/2019) kemarin.

"Yang bisa diambil itu cuma mor-nya, karena untuk bautnya masuk kedalam box besi girder dan balok penahan jembatan itu, jadi tidak bisa diambil. Posisi baut ini ada disamping kiri, kanan, atas dan bawah, yang hilang ini disamping kiri. Tapi itu harus cepat diganti, dan itu akan segara kita ganti, itu harus dipesan dulu, itu jenis bautnya M24," imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved