Surat Suara Kurang dan Tercoblos, Temuan KPU Inhil Selama Pemilu 2019

Pelaksanaan pemilu di Inhil menyisakan beberapa temuan dari KPU Inhil. Namun semua temuan disebut sudah bisa diatasi.

Surat Suara Kurang dan Tercoblos, Temuan KPU Inhil Selama Pemilu 2019
tribun pekanbaru
Suasana pencoblosan di TPS 07 Jalan Tanjung Harapan Kelurahan Sungai Beringin, Tembilahan, yang sempat kekurangan surat suara Pilpres. 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhil menemukan kasus surat suara tidak lengkap di tiga tempat selama pelaksanaan Pemilu 2019.

Tiga tempat tersebut antara lain TPS 07 Jalan Tanjung Harapan Kelurahan Sungai Beringin, dan TPS 3 Tembilahan, serta satu di Perigi Raja, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra).

Meskipun tidak mengetahui secara pasti jumlah surat suara yang kurang, KPU Inhil mengklaim tiga temuan ini telah selesai dan tidak ada permasalahan lagi.

“Solusinya dengan mengambil surat suara di TPS terdekat yang masih tersisa untuk dialihkan di TPS tersebut,” ujar Ketua KPU Herdian Azmi kepada Tribun, Kamis (18/4).

Hal ini dibenarkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir. “Kalau yang kurang ada DPD dan Pilpres, sudah selesai di lapangan, tidak ada permasalahan. Solusinya diambilkan dari TPS terdekat,” kata Ketua Bawaslu Inhil, M Dong.

Selain surat suara yang kurang, menurut M Dong, Bawaslu Inhil juga menemukan dua kasus surat suara yang sudah tercoblos di dua Kecamatan, yaitu Kempas dan Sungai Batang. “Surat suara tercoblos dianggap surat suara rusak dan diganti, jadi tidak ada masalah,” tuturnya.

Sementara itu, untuk laporan pelanggaran Pemilu, Bawaslu Inhil akan menggelar rapat terkait hal tersebut, namun sampai saat ini Bawaslu Inhil belum menerima laporan terkait pelanggaran.

“Laporan belum ada, ini baru mau rapat. Money politik tidak laporan, sejauh ini aman tidak ada,” terangnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved