Bengkalis

Temukan Kesalahan Prosedur, Bawaslu Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang dan Susulan

Bawaslu Bengkalis menilai ada beberapa TPS yang berpotensi untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Susulan PSS.

Temukan Kesalahan Prosedur, Bawaslu Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang dan Susulan
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Kekurangan surat suara terjadi di TPS 007 Kelurahan Damon kecamatan Bengkalis. 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) menilai ada beberapa TPS yang berpotensi untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Susulan (PSS) di Kabupaten Bengkalis.

Kordinator Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bengkalis,Usman, Kamis (18/4/2019) mengatakan, dua TPS yang berpotensi direkomendasikan PSU berada di Kecamatan Bantan.

Sedangkan TPS yang akan direkomendasikan PSS adalah TPS 1 Desa Senggoro.

"Rencana PSU yang di Bantan karena ada temuan kesalahan prosedur dan kelebihan surat suara dengan daftar pemilih. Sehingga kami menilai ini sangat berpotensi untuk dilaksanakan pemilihan suara ulang," jelas Usman.

Sementara, untuk TPS yang direkomendasikan melakukan PSS, karena masih terdapat sekitar seratus pemilih yang sudah terdaftar di C7 daftar hadir namun surat suaranya habis.

"Kami berencana mengeluarkan rekomendasi ini karena sudah melakukan kajian dan menyusun dasar hukumnya. Akan segera kami rekomendasikan ke KPU untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Menurut Usman, sejauh ini memang masih ada beberapa temuan lain yang memiliki potensi dilakukan PSU maupun PSS. Namun, Bawaslu belum melakukan kajian lebih dalam.

"Kita sudah kumpulkan data-data, tapi belum dilakukan kajian, sehingga belum bisa direkomendasikan apakah bisa dilakukan PSU atau PSS. Jadi perlu kami lakukan kajian dulu dengan tim tim hukum yang ada di Bawaslu Bengkalis," kata Usman.

Menurut dia, saat pelaksanaan pemungutan suara kemarin, juga masih ditemukan adanya surat-suara tertukar. Di mana ditemukan di TPS Kecamatan Rupat.

"Surat suara yang tertukar merupakan surat untuk Rupat yang seharusnya surat suara dapil 6. Namun yang masuk surat suara Bengkalis dapil 3, akan tetapi hanya satu surat suara, sehingga diselesaikan di lapangan karena surat suara tersebut dianggap rusak," kata Usman.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved