Siak

Bawaslu Siak Riau Proses 1 Perkara Dugaan Pidana Pemilu

Namun demikian, pihaknya juga menemukan dugaan kecurangan yang terindikasi pidana Pemilu.

Bawaslu Siak Riau Proses 1 Perkara Dugaan Pidana Pemilu
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Pengumpulan Kotak Suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan di Kantor Camat Sukajadi mulai berjalan. Terdapat tujuh kelurahan dengan 114 TPS di kecamatan tesebut. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Bawaslu Siak Riau Proses 1 Perkara Dugaan Pidana Pemilu

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pemilu serentak 17 April 2019 di kabupaten Siak berjalan lancar, kondusif dan aman. Meskipun terjadi beberapa persoalan di TPS, seperti surat suara hilang di TPS 3 Teluk Lanus dan TPS 18 Telaga Samsam, serta surat suara yang kurang di berbagai TPS.

"Alhamdulillah, masyarakat tenang dan dapat menjaga kondusifitas selama masa Pemilu," kata Ketua Bawaslu Siak, Moh Royani, Jumat (19/4/2019).

Namun demikian, pihaknya juga menemukan dugaan kecurangan yang terindikasi pidana Pemilu. Royani menyebut ada 1 perkara dugaan pidana Pemilu 2019 yang sedang dalam proses.

"Ada 1 indiksi pidana yang sedang kami telusuri. Kami belum bisa mengatakan materi perkaranya, tunggu sampai Senin karena kami tak mungkin mendahului kepolisian," kata Roy, panggilan akrab Moh Royani.

Baca: Siang Ini Mulia Anggraini Berangkat ke Hongkong Ikuti Kejuaraan Asia 2019 di Hongkong

Baca: FOTO: Lampu Hias Penerang Pohon di Jalan Sudirman Pekanbaru Memprihatinkan

Ia melanjutkan, Senin depan pihaknya menggelar rapat dengan Gakkumdu membahas perkara tersebut. Senin itu ia akan menyampaikan kepada media.

"Tapi secara keseluruhan Siak ini kondusif, tidak ada huru-hara, warga tetap damai dan kehidupan berjalan sebagaimana mestinya. Itu berkat semua bersinergi," kata dia.

Kapolres Siak AKBP Ahmad David juga mengatakan Pemilu di kabupaten Siak berjalan aman, lancar dan kondusif. Termasuk pada Jumat ini, anggota Polri masih memberikan pengamanan di PPK yang sedang menggelar pleno penghitungan rekapitulasi suara Pemilu.

"Alhamdullilah, aman, lancar dan kondusif, aman dan sejuk. Masyarakat Siak cukup tenang dan cinta damai," kata dia.

Baca: FOTO: Lampu Hias Penerang Pohon di Jalan Sudirman Pekanbaru Memprihatinkan

Pihaknya terus memantau keamanan selama 24 jam di tengah masyarakat. Sedangkan pada masing-masing PPK dan KPU serta Bawaslu juga ada anggota Polri yang bertugas.

Pada Jumat ini, ada 6 kecamatan yang sedang menggelar pleno di tingkat PPK.

Tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara tertuang dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Pleno di tingkat PPK mempunyai jadwal cukup panjang, yakni samlai 4 Mei 2019. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved