Makan Bersama Beralas Daun Pisang, Kodim 0314/Inhil Gelar Kembul Bujono di Sela Pengamanan Pemilu

Di sela tugas menjaga keamanan pascapemilu, Kodim 0314/Inhil menggelar tradisi makan bersama ala Jawa yang disebut Kembul Bujono.

Makan Bersama Beralas Daun Pisang, Kodim 0314/Inhil Gelar Kembul Bujono di Sela Pengamanan Pemilu
Istimewa
Personil Kodim 0314/Inhil menikmati makanan yang disajikan dalam tradisi "Kembul Bujono," yang digelar di sela siaga pemilu 2019 di Markas Kodim 0314/Inhil, Jumat (19/4). 

tribunpekanbaru.com - Berbagai cara dilakukan petugas pengamanan untuk keluar sejenak dari rutinitas menjaga kemanan selama Pemilu 2019 yang masih berlangsung.

Di sela situasi siaga Pemilu 2019, Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil menyempatkan untuk menggelar acara "Kembul Bujono" di Markas Kodim 0314/Inhil, Jumat (19/4). Kembul Bujono adalah makan bersama dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Kembul Bujono merupakan tradisi atau kebiasaan masyarakat Jawa, yang bermakna menjalin silaturahim serta menjaga rasa kekeluargaan terhadap sesama.

Duduk bersila di lantai, berdoa, Dandim 0314/Inhil Letkol (Inf) Andrian Siregar bersama Kasdim, berbaur bersama Perwira Staf dan seluruh anggota Kodim untuk menikmati makanan tradisional berupa nasi dan ikan Bakar yang dimasak oleh anggota Kodim.

Dandim 0314/Inhil, Letkol (Inf) Andrian Siregar menuturkan, acara ini bertujuan untuk menambah kekompakan antaranggota, saling menguatkan dalam menjalankan tugas mengamankan negara, dan mengayomi masyarakat.

“Terlebih menghadapi situasi bangsa yang belakangan lebih berdinamika ini. Para personel membutuhkan energi yang lebih untuk menghadapi situasi sekarang ini. Saya sebagai komandan harus menjaga mereka dengan menciptakan keakraban untuk melaksanakan tugas secara bersama-sama,” ungkap Dandim.

Dalam acara yang baru pertama digelar di lingkungan Kodim 0314/Inhil ini, Dandim menekankan kepada anggotanya, bahwa mereka bekerja tidak sendiri, karena tugas di lapangan yang berat akan terasa ringan jika dipikul bersama-sama.

“Ini baru kita laksanakan dengan terlaksananya pilpres dan pileg 2019. Ke depan tradisi semacam ini terus dipertahankan agar antaranggota saling akrab dan kompak,” tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved