Sport

Riau Belum Pastikan Tampil di Semua Nomor Popnas Papua, Dispora: Kuota Atlet yang Dibawa Belum Pasti

Hingga kini Dispora Riau, belum bisa memastikan jumlah nomor yang diikuti. Begitu halnya dengan jumlah cabor, jumlahnya masih kisaran.

Riau Belum Pastikan Tampil di Semua Nomor Popnas Papua, Dispora: Kuota Atlet yang Dibawa Belum Pasti
TRIBUNPEKANBARU.COM/DODDY VLADIMIR
Ilustrasi 

Riau Belum Pastikan Tampil di Semua Nomor Pada Popnas Papua, Dispora: Kuota Atlet Yang Dibawa Belum Pasti

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Meski jumlah cabor serta nomor/kelas, yang akan dipertandingkan pada Popnas XV di Papua sudah ditetapkan, tidak halnya dengan persiapan Dispora Riau. Hingga kini Dispora Riau, belum bisa memastikan jumlah nomor yang diikuti. Begitu halnya dengan jumlah cabor, jumlahnya masih kisaran.

"Sampai hari ini, kita masih inventarisir untuk nomor atau kelas yang diikuti. Kuota atlet yang dibawa juga belum pasti. Tapi untuk jumlah cabor maksimal kita kirim 17 cabor. Saat ini yang pasti baru 16 cabor," kata Kepala Dispora Riau Doni Aprialdi, Jumat (19/4/2019) me jawab Tribunpekanbaru.com.

Seperti diketahui, Popnas XV yang digelar di Papua 10-18 Oktober, mempertandingkan 20 cabor dan 270 nomor/kelas. Jumlah 270 nomor tersebut, terdiri dari 141 nomor putra, 121 nomor putri dan 8 nomor mix atau campuran.

Baca: Luas Lahan yang Terbakar di Riau Tahun Ini Hampir 3 Ribu Hektare, Terluas Ada di Bengkalis

Apa sebenarnya kendala Riau belum bisa memastikan jumlah nomor dan cabor? Doni Aprialdi menjelaskan lagi, bahwa kendala pihaknya belum memastikan nomor dan cabor, karena persoalan kekurangan anggaran.

"Dana yang disiapkan dalam APBD murni untuk Popnas ini hanya Rp 2,5 miliar. Sementara kebutuhan kita sekitar Rp 7-10 miliar. Ini yang harus kita carikan solusinya, agar bisa dipastikan keikutsertaan kita," terangnya.

Anggaran Rp 2,5 miliar ini, hanya bisa mengakomodir 12 cabor, itu pun atlet yang diberangkatkan yang berpeluang meraih medali saja.

"Kalau anggarannya bisa dipenuhi Rp 10 miliar, maka bisa pastikan full tim dan ikuti 17 cabor. Karena dari 20 cabor yang dipertandingkan, 3 cabor di antaranya tidak ada di PPLP Riau kita," paparnya.

Karena waktu pendaftaran terakhir cabor dan nomor/kelas sudah ditentukan yakni akhir Juni ini, maka Dispora Riau harus bisa mengambil keputusan dalam waktu dekat ini. Karena di sisa waktu sekitar dua bulan ini, harus bisa memastikan keikutsertaan jumlah cabor dan nomor.

"Makanya kita berharap April ini kita sudah melaporkan ikhwal ini ke Pak Gubernur, sehingga kekurangan anggaran ini bisa diaanggarkan lagi di APBD-Perubahan 2019 ini. Insyaallah rencana kita diamini," harapnya.

Baca: Ini Jadwal Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Daerah hingga Pusat, Pantau Hasil Real Count KPU di Sini

Sekadar diketahui, dari 270 nomor/kelas tersebut rinciannya untuk cabor atletik 42 nomor, basket 2 nomor, bulutangkis 7 nomor, dayung 14 nomor, bola voli 2 nomor, bola voli pasir 2 nomor, gulat 20 nomor, judo 14 nomor, karate 17 nomor, panahan 15 nomor, pencak silat 23 nomor, renang 36 nomor, sepakbola 1 nomor, sepak takraw 5 nomor, taekwondo 18 nomor, tenis 7 nomor, tenis meja 7 nomor, tinju 10 nomor dan tarung derajat 13 nomor. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved