Bengkalis

Sapi Mati Diganti Rp 10 Juta,Pemerintah Beri Subsidi, Premi Asuransi Ternak Rp 40 Ribu Per Tahun

Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis meluncurkan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS)untuk kelompok ternak sapi yang merupakan program bantuan pemerintah.

Sapi Mati Diganti Rp 10 Juta,Pemerintah Beri Subsidi, Premi Asuransi Ternak Rp 40 Ribu Per Tahun
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Ternak sapi. 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis meluncurkan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) untuk kelompok ternak sapi yang merupakan program bantuan pemerintah pusat.

Kabid Kesehatan Hewan Amri Noer, Jumat (19/4/2019) mengatakan, sebenarnya program ini sudah ada sejak 2017 lalu oleh pemerintah pusat dan provinsi.

Namun baru disosialisasikan kepada pertenak sapi pada tahun 2018 lalu.

Kemudian di tahun 2019 ini Dinas Pertanian mendapat jatah dari pemerintah pusat dan provinsi sebanyak 350 ekor sapi untuk diasuransikan.

Peternak yang ingin mendapatkan bantuan asuransi ini, bisa mengajukan permohonan ke Dinas Pertanian Bengkalis, dengan membawa KTP.

Kemudian membayar premi sebesar Rp 40.000 per tahun.

"Setelah melakukan pendaftaran, peternak ini akan diberikan nomor account virtual, dan langsung melakukan setoran melalui account virtual yang diberikan petugas kita ke BRI," jelas Amri.

"Maksimal nanti satu peternak bisa mendaftarkan 10 ekor sapi, dan sapi yang diasuransikan sapi berusia di atas satu tahun dan betina," jelas Amri.

Menurut dia, pihaknya sudah mensosialisasikan asuransi ini kepada kelompok ternak sapi.

Diantaranya kelompok ternak di Desa Siak Kecil beberapa waktu lalu.

"Karena memang yang bisa menerima AUTS ini harus anggota kelompok tani ternak sapi yang sudah terdaftar di Dinas Pertanian Bengkalis," jelasnya.

"Sebenarnya asuransi ini per tahunnya premi yang harus dibayar oleh peternak sebesar Rp 200 ribu. Namun karena sudah kita subsidi makan peternak hanya perlu membayar sebesar Rp 40 ribu saja," tambah Amri.

Untuk perlindungan yang akan diterima oleh peternak sudah terdaftar bisa mendapatkan perlindungan sebesar Rp 10 juta jika sapi mati. Namun jika hilang perlindungan yang diterima Rp 7 juta.

Amri menjelaskan, kematian sapi betina di Bengkalis memang kasus yang jarang. Tetapi untuk kehilangan sering terjadi.

"Untuk itu asuransi ini sangat baik dimanfaatkan oleh peternak kita untuk antisipasi kerugian lebih besar terhadap sapi produktif mereka," ujar Amri. (Tribunpekanbaru.com/ m natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved