Siak

Tanoto Foundation Diseminasi Program Pintar pada 28 Sekolah di Kabupaten Siak

Sejak diluncurkannya, Program PINTAR pada 2018 lalu, Tanoto Foundation dan Disdikbud Siak sudah lakukan diseminasi program itu untuk 28 sekolah.

Tanoto Foundation Diseminasi Program Pintar pada 28 Sekolah di Kabupaten Siak
istimewa
Peserta pelatihan Program PINTAR di SMPN 1 Bungaraya,15-18 April 2019. Program yang diluncurkan Tanoto Foundation bekerjasama dengan Disdikbud Siak sudah melakukan diseminasi program itu untuk 28 sekolah. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Sejak diluncurkannya Program PINTAR di Kabupaten Siak pada pertengahan 2018 lalu, Tanoto Foundation dan Disdikbud Siak sudah lakukan diseminasi program itu untuk 28 sekolah.

Terakhir, kegiatan digelar di aula SMPN 1 kecamatan Bungaraya.

Kabid Pembinaan SD Disdikbud Siak Fahrurrozi, M.Pd mengatakan, program itu berupa
berbagai pelatihan yang menyasar pengawas, kepala sekolah, guru dan juga komite sekolah.

Kegiatan telah diselengarakan untuk 28, meliputi 20 SD/MI dan 8 SMP/MTs yang tersebar di Kecamatan Siak, Mempura dan Sungai Apit.

"Tidak membutuhkan waktu lama, praktik-praktik baik yang berkenaan dengan manajemen sekolah, pembelajaran dan budaya baca sudah terlihat di sekolah-sekolah mitra program ini. Tentu saja sangat membantu bagi perkembangan dan peningkatan kualitas, pendidikan kita," kata dia, Jumat (19/4/2019).

Ia meyakini manfaat program ini bagi sekolah begitu signifikan. Pihaknya bergerak cepat dalam melakukan penyebarluasan praktik-praktik baik ini ke sekolah lain.

"Bungaraya merupakan kecamatan ke-3 setelah Kandis dan Dayun yang menyatakan ketertarikan program PINTAR," kata dia.

Kegiatan di Bungaraya dilaksanakan koordinator wilayah pendidikan kecamatan setempat bersama fasilitator daerah program PINTAR.

Para pendidik di kecamatan ini secara mandiri melakukan diseminasi utuh dari modul melalui pelatihan manajemen berbasis sekolah, pembelajaran dan peran serta masyarakat.

Pelatihan itu diikuti oleh pengawas, kepala sekolah, guru dan juga komite sekolah. Jumlah total keseluruhan peserta mencapai 162 orang yang berasal dari 21 sekolah/madrasah.

"Pelatihan dari tanggal 13-15 April 2019 ini diselenggarakan di SMPN 1 Bungaraya," kata dia.

Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Riau, Dendi Satria Buana yang mengamati langsung kegiatan diseminasi ini merasa cukup puas. Namun begitu pihaknya terus meningkatkan mutu kegiatan demi kemajuan pendidikan di Siak.

"Tanoto Foundation merupakan organisasi filantropi independen yang fokus pada pendidikan. Melalui program PINTAR kita bahu-membahu dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar dengan cara meningkatkan ekosistem pendidikan," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved