Petir Sempat Ganggu Sistem Kelistrikan, PLN Minta Maaf

Cuaca ekstrim yang melanda Riau beberapa hari terakhir menyebabkan sistem kelistrikan tegangan 150kV di Pekanbaru sempat terganggu.

Petir Sempat Ganggu Sistem Kelistrikan, PLN Minta Maaf
INTERNET
ILUSTRASI

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Cuaca ekstrim kerap melanda wilayah Riau. PLN mengkonfirmasi kondisi cuaca ekstrim dalam beberapa pekan terakhir dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Irwansyah mengungkapkan, kondisi ini menyebabkan keadaan sistem kelistrikan tegangan 150 kV di Pekanbaru terganggu, Jumat (19/4/2019) malam.

"Gangguan dimulai pukul 18.39 WIB dikarenakan sambaran petir yang kuat," ungkap Irwansyah dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sabtu (20/4/2019). Ia menyebutkan, listrik di wilayah Dumai hingga Pekanbaru padam.

Baca: Satu Rumah di Jalan Srikandi Pekanbaru Dilalap Si Jago Merah

Baca: Pria Ini Diburu Cewek-cewek Cantik dan Model Cantik Pengguna Instagram, Ada Apa?

"Gangguan yang terjadi semalam. Dengan ini PLN memohon maaf atas ketidaknyamanannya dan kami sampaikan juga petugas PLN bekerja 24 jam siaga penuh mengupayakan kelistrikan dapat berjalan dengan normal, sehingga listrik dapat dimanfaatkan oleh pelanggan," tutur dia.

Irwansyah mengatakan, pihaknya berupaya melakukan penormalan secara bertahap.

Penormalan selesai pukul 20.33 WIB. Hingga Sabtu, kata dia, penguatan sistem kelistrikan di Riau sedang dilakukan.

Baca: Trafik Layanan Data di Riau Meningkat 28 Persen Saat Pemilu

Menurut Irwansyah, sejauh ini, kebutuhan listrik di Pekanbaru masih disuplai dari beberapa pembangkit.

Antara lain, PLTU Tenayan 150 MW, PLTG Balai Pungut 175 MW, PLTG Teluk Lembu 240 MW, PLTA Koto Panjang 120 MW dan transfer 200-250 MW melalui Payakumbuh-Koto Panjang-Garuda Sakti.

"Kedepan dari sisi daya untuk memback up kebutuhan listrik di Kota Pekanbaru sedang on progress membangun PLTG IPP Riau Peaker 250 MW dan PLTG CNG 250 MW yang lokasinya di sekitaran kota Pekanbaru," jelas Irwansyah.

Ia menambahkan, di sektor penguatan sistem 150 kV sedang dalam pembangunan transmisi Rengat-Kerinci, transmisi 275 kV Payakumbuh-New Garuda Sakti-Perawang dan transmisi 500 kV Muara Enim-New Aur Duri-Peranap-Perawang.

"Dengan sedang dibangunnya pembangkit listrik guna penambahan daya dan penguatan sistem pada transmisi, diharapkan ke depan sistem kelistrikan di Pekanbaru lebih andal," harap Irwansyah.

Irwansyah juga menyebutkan, pihaknya memberi perhatian terhadap lokasi vital seperti Kantor KPU.

Listrik di-back up dengan genset PLN. PLN juga menempatkan petugas untuk menjaga keandalan listrik.

Sehingga rangkaian Pemilu dapat berjalan dengan baik. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sihombing)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved