KPU Inhil Laksanakan Pemilu Ulang dan Lanjutan di 5 Kecamatan pada 27 April

KPU Inhil memilih melaksanakan PSU dan PSL pada hari Sabtu (27/4), karena masih harus menunggu logistik yang dipasok oleh KPU Pusat.

KPU Inhil Laksanakan Pemilu Ulang dan Lanjutan di 5 Kecamatan pada 27 April
TribunPekanbaru/T. Muhammad Fadhli.
Salah satu TPS di Tembilahan saat melakukan pemungutan suara, Rabu (17/4) lalu. Bawaslu Inhil merekomendasikan PSU dan PSL di sejumlah TPS di Inhil. 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil akhirnya merespon rekomendasi agar dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Inhil.

Setelah merujuk peraturan dari KPU pusat, KPU Inhil akan menggelar PSU dan PSL yang direkomendasikan di 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada tanggal 27 April mendatang.

“Rencananya Sabtu (27/4) nanti. Iya, hari terakhir itu, dia kan cuma 10 hari setelah Pemilu dilaksanakan di TPS masing–masing,” ujar Ketua KPU Inhil, Herdian Azmi kepada Tribun Pekanbaru, Minggu (21/4) lalu.

Menurutnya, dipilihnya pelaksanaan pemilu ulang di hari terakhir, mengingat KPU Inhil harus mempersiapkan logistik PSU dan PSL yang akan dikirimkan oleh KPU RI.

“Itu makanya, karena diadakan (logistik) pusat, kita untuk menghindari agar tercapai waktu pengadaan logistiknya, kita ambil hari terakhir itu. Dari pusat nunggu logistiknya," katanya.

Sementara itu, rapat pleno penghitungan suara di tingkat Kecamatan masih dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga 4 Mei 2019, setelah dimulai pada 18 April lalu.

“Masih (pleno) di kecamatan, jadwalnya kan masih lama, tergantung PPK masing–masing selesainya. Sesuai kondisi di lapangan, itu lama tu paling lama 3 hari. Pleno (kabupaten) mungkin tanggal 29 (April), iya kan selesaikan dulu PSU dan PSL,” tutur Herdian.

Untuk diketahui, ada 6 TPS di 5 Kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang direkomendasikan untuk melaksanakan PSU dan PSL oleh Bawaslu Inhil, karena terdapat temuan dan pelanggaran pada hari pencoblosan 17 April lalu.

Dua TPS yang direkomendasikan melaksanakan PSU antara lain TPS 14 di Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, dan TPS 24 Desa Sei Gantang, Kecamatan Kempas.

Selanjutnya 4 TPS direkomdasikan melaksanakan PSL antara lain TPS 05 Desa Sei Undan, Kecamatan Reteh untuk pilpres, TPS 6 Desa Bantaian, Kecamatan Mandah untuk pemilihan DPD, TPS 6 Desa Nusantara Jaya, Kecamatan Keritang untuk pemilihan DPD, dan TPS 1 Desa Tagagiri Tama, Kecamatan Pelangiran untuk pilpres. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved