Siak

258 JCH Siak 2019 Bakal Berangkat Melalui EHA Riau

Selama ini setiap penyelenggaraan ibadah haji, masyarakat Kabupaten Siak harus berangkat ke tanah suci melalui embarkasi Batam dan diinapkan terlebih

258 JCH Siak 2019 Bakal Berangkat Melalui EHA Riau
istimewa
Penyerahaan Surat Keputusan (SK) penetapan Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau oleh Dirjen Haji Kementrian Agama (Kemenag) RI, Prof Nizar di Balai Serindit Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru diterima langsung oleh Gubernur Syamsuar, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Sebanyak 258 Jemaah Calon Haji (JCH) 2019 asal kabupaten Siak tidak lagi berangkat menggunakan kapal menuju embarkasi Batam. JCH Siak bakal berangkat melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

"Ya saya sedang mengikuti rapat di provinsi. Tadi SK EHA sudah diserahkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Riau, Nizar kepada Pak Gubernur Riau, Syamsuar," kata Kepala Kantor Kemenag Siak H.Muharom, Rabu (24/4/2019).

Ia mengatakan, hal-hal teknis masih sedang dibahas di provinsi. Ia berharap, EHA Riau bisa menampung seluruh JCH Riau sehingga JCH Siak tidak perlu lagi naik kapal menuju embarkasi Batam.

"Dari jadwal yang telah ada, mudah-mudahan tidak berubah, berangkat 15 Juli," kata dia.

Baca: SK Penetapan Embarkasi Haji Antara Riau Sudah Diterima Pemprov Riau, Ini Harapan Kemenag RI

Baca: Update Pleno PPK Pangkalan Kerinci, Baru 30 TPS Tuntas dari Total 225

Asisten I Setda Kabupaten Siak L Budhi Yuwono juga hadir pada penyerahan SK EHA itu. Ia menyambut baik di-SK-kannya EHA Provinsi Riau.

"Jelas dengan adanya Embarkasi Haji Antara di Provinsi Riau, akan memudahkan bagi masyarakat Riau umumnya dan masyarakat Siak khususnya, yang akan melaksanakan haji," ucap Budhi.

Selama ini setiap penyelenggaraan ibadah haji, masyarakat Kabupaten Siak harus berangkat ke tanah suci melalui embarkasi Batam dan diinapkan terlebih dahulu di Batam.

Namun saat ini kata Budhi jamaah akan menginap di Pekanbaru kemudian diberangkatkan ke Tanah Suci. Batam hanya untuk transit atau pindah pesawat.

Pada kesempatan itu, Gubri Syamsuar mengatakan, Pemprov Riau sangat komit dan menginginkan agar Riau memiliki embarkasi haji.

Baca: Sekda Siak Riau Sambut Baik Materi Antikorupsi Masuk Kurikulum Pendidikan

Baca: Kesal, Hakim Tegur Keras JPU Kejari Siak Riau Ini dalam Sidang Perdana Teten dan Suratno

Alasannya, tidak saja karena jumlah JCH asal Riau setiap tahun cukup besar mencapai lebih kurang 5 ribu JCH, tapi juga dari sisi anggaran dan efisiensi waktu sangat menguntungkan.

Kata Syamsuar puluhan miliar setiap tahun bisa dihemat jika JCH asal Riau menggunakan Bandara SSK II Pekanbaru sebagai embarkasi haji antara.

Pasalnya, selama ini JCH asal Riau harus mengeluarkan dana ekstra karena harus menggunakan jalur laut menuju embarkasi haji Batam, terutama JCH asal Riau pesisir, seperti Bengkalis, Siak, Dumai dan lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenag yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemprov Riau untuk menjadi embarkasi antara yang telah diberikan melalui SK Embarkasi Antara," kata Mantan Bupati Siak itu.(Tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved