Pemilu 2019

PSU untuk Semua Jenis Surat Suara atau Hanya Tertentu Saja, Begini Jawaban KPU Pelalawan Riau

KPU Pelalawan TPS yang menggelar PSU dan PSL pada Pemilu serentak tahun 2019.

Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Pengumpulan Kotak Suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan di Kantor Camat Sukajadi mulai berjalan. Terdapat tujuh kelurahan dengan 114 TPS di kecamatan tesebut. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

PSU untuk Semua Jenis Surat Suara atau Hanya Tertentu Saja, Begini Jawaban KPU Pelalawan Riau

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Komisi Pemilihan Umim (KPU) Kabupaten Pelalawan Riau mendata Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) pada Pemilu serentak tahun 2019.

Berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan ada tujuh TPS yang harus melaksanakan PSU dan tiga TPS yang akan menggelar PSL.

Setelah Bawaslu beserta jajarannya menganalisa persoalan yang terjadi di lapangan pada hari pencoblosan 17 April yang lalu.

Baca: Hadir di Sidang Perdana Kriss Hatta, Billy Syahputra Terlihat Canggung Bertemu Hilda Vitria

"PSU dan PSL akan kita gelar secara serentak pada tanggal 27 April mendatang. Setelah kita berkonsultasi dengan KPUS Riau dan KPU pusat," kata Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardi Wandi, kepada tribunpelalawan.com, Rabu (24/4/2019).

Wan Kardi menerangkan PSU dilaksanakan hanya untuk jenis surat suara yang bermasalah saja, bukan untuk semua kertas suara yang ada di TPS. Misalnya jika yang bermasalah hanya pada surat suara Pilpres ataupun DPR RI, pemungutan suarang ulang cuman untuk kedua jenis itu saja.

Jika kelima surat suara dilakukan PSU, lanjut Wan Kardi, akan menimbulkan masalah baru dan meski persoalan sebelumnya selesai.

Baca: Gandeng Donatur dalam Program Ramadhan, ACT Riau Gelar Marhaban Ya Dermawan

Hal ini merupakan intruksi dari KPU pusat setelah pihaknya mempertanyakan terkait proses PSU.

"Pada rekomendasi Bawaslu hanya disebutkan PSU saja, tidak dirincikan jenis surat suaranya. Langsung kita koordinasikan ke pusat dan begitulah jawabannya," tambahnya.

Pihaknya masih menunggu pengiriman logistik dari KPU pusat untuk kebutuhan surat suara dan berkas lainnya. Mereka sedang menginventarisir lostik yang diperlukan untuk 10 TPS yang PSU dan PSL. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved