UN SMP di Inhil Lancar, UASBN SD Sempat Kekurangan Soal dan Soal Tertukar

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP/sederajat di Inhil berjalan lancar dari awal hingga akhir. Sedangkan UASBN SD sempat diwarnai kekurangan soal.

UN SMP di Inhil Lancar, UASBN SD Sempat Kekurangan Soal dan Soal Tertukar
tribun pekanbaru
Siswa SMP sederajat di Kabupaten Inhil saat mengikuti UNBK beberapa hari lalu. Selama pelaksanaan UN SMP tidak ditemukan kendala yang berarti. 

tribunpekanbaru.com - Kamis (25/4) lalu merupakan hari terakhir siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTsn sederajat mengikuti Ujian Nasional (UN). Ujian ini dilaksanakan selama empat hari, dan di Kabupaten Inhil berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Inhil, H Rudiansyah melalui Sekretaris Disdik Inhil, Faturrahman menuturkan, hingga pelaksanaan UN selesai tidak ada laporan kendala, baik untuk Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kendala sudah diantisipasi. Kalau listrik dan sinyal untuk UNBK sudah disiapkan seperti gensetnya. Karena kita juga tak banyak yang UNBK,” ujar Faturrahman.

Menurutnya, untuk memastikan UN berjalan lancar, Disdik Inhil menurunkan tiga tim khusus untuk meninjau UNBk. “Ada tiga tim yang meninjau UNBK, Alhamdulillah tidak ada masalah sampai hari terakhir, lancar tidak ada kendala. Jaringan (internet) maupun listrik. Selama UNBK Alhamdulillah aman,” tuturnya.

Namun untuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Inhil, diwarnai dengan adanya insiden soal yang kurang dan tertukar. UASBN SD ini diikuti 518 mursi SD di Inhil, dan digelar pada waktu bersamaan dengan UN SMP.

Menurut Faturrahman, kejadian tersebut terjadi pada hari pertama UASBN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Tapi sudah bisa diatasi, mungkin salah masuk ketika pengepakan dari percetakan. Tapi tidak berpengaruh sekali, bisa diantisipasi,” ucapnya.

Untuk diketahui, total ada 11.509 siswa dan siswi SMP sederajat di Inhil yang mengikuti UN. Dari 285 jumlah sekolah SMP/MTs dan SMPLB di Inhil, UNBK diikuti 25 sekolah dan sisanya dilaksanakan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP). (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved