Pelalawan

Pantau Pelaksanaan PSU dan PSL, Bawaslu Pelalawan Riau Sebut Partisipasi Pemilih Berkurang

Dari total DPT 273 pemilih, warga yang menyalurkan hak pilihnya hanya 216 saja padahal pada Pemilu lalu pemilih sampai 247 orang

Pantau Pelaksanaan PSU dan PSL, Bawaslu Pelalawan Riau Sebut Partisipasi Pemilih Berkurang
Tribunpekanbaru.com/Johannes
Proses PSU di TPS 02 dan 03 di Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan, Sabtu (27/4/2019). 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau memantau proses pelasanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) dan Pemilihan Suara Lanjutan (PSL) di 13 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Sabtu (27/4/2019).

Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur S.Pi menyatakan, pihaknya berbagi tugas dan wilayah dalam memantau proses pemungutan suara yang tersebar di lima kecamatan tersebut.

Bersama dengan kepolisian serta pengawas kecamatan, pemungutan suara diawasi hingga perhitungan prolehan suara.

"Sekarang sudah mulai menghitung semua TPS, sebagian besar belum selesai. Masih perolehan suara Pilpres saja yang masih nampak," tandas Mubrur kepada Tribunpelalawan.com, Sabtu (27/4/2019).

Baca: Dua Caleg Melaporkan Kecurangan di Pangkalan Kuras, Begini Tanggapan Bawaslu Pelalawan Riau

Baca: Mengaku Dicurangi, Ini Inti Laporan Caleg Abdul Nasib dan Abdul Muzakir ke Bawaslu Pelalawan Riau

Menurut Mubrur, partisipasi pemilih pada PSU dan PSL ini malah menurun jika dibandingkan dengan pemungutan suara pada 17 April lalu.

Contohnya di TPS 02 dan 03 Kelurahan Rawan Empat Kecamatan Bandar Petalangan yang sedang dipantau Bawaslu.

Dari total DPT 273 pemilih, warga yang menyalurkan hak pilihnya hanya 216 saja padahal pada Pemilu lalu pemilih sampai 247 orang.

Di TPS lain yang menggelar PSU dan PSL juga kurang lebih sama berdasarkan pantauan Bawaslu.

"Kalau laporan kecurangan atau kendala teknis belum ada sampai saat ini. Kita masih menunggu sambil memantau," tandasnya.

Seperti diketahui, TPS yang akan PSU diantaranya TPS 01 Desa Lipai Bulan, TPS 02 Desa Tanjung Air Hitam, TPS 03, 04, 05 Desa Mak Teduh.

Kelima TPS ini berada di Kecamatan Kerumutan. Kemudian TPS 02 dan TPS 03 Kelurahan Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan.

Baca: KPU Pelalawan Riau Tunggu Logitsik Untuk PSU dan PSL 27 April Mendatang

Baca: Bertambah Lagi, PSL dan PSU yang Direkomendasikan Bawaslu Pelalawan Riau Menjadi 13 TPS

Ada juga di Kecamatan Ukui yakni TPS 06 Kelurahan Ukui dan terakhir di Kecamatan Langgam diantaranya TPS 08 dan TPS 13 Desa Pangkalan Gondai.

Sedangkan untuk PSU, lanjut Mubrur, hanya ada tiga TPS diantaranya TPS 01 Desa Teluk Beringin Kecamatan Kuala Kampar dan TPS 01 dan TPS 02 Desa Mak Teduh Kecamatan Kerumutan. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved