Pemilu 2019

KPU Riau Ingatkan PPK Tidak Lakukan Pengalihan Suara

Komisioner KPU Riau Divisi Hukum Firdaus mengingatkan petugas PPK di tingkat Kecamatan untuk tidak memainkan suara para Caleg

KPU Riau Ingatkan PPK Tidak Lakukan Pengalihan Suara
tribun pekanbaru
FOTO ILUSTRASI - Pemeriksaan kesehatan PPK pada rapat di sebuah kecamatan di Inhil Rabu (23/4) lalu. Dinkes Inhil mengerahkan petugas puskesmas di seluruh kecamatan untuk memeriksa kesehatan petugas pemilu. 

KPU Riau Ingatkan PPK Tidak Lakukan Pengalihan Suara

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisioner KPU Riau Divisi Hukum Firdaus mengingatkan petugas Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) di tingkat Kecamatan untuk tidak memainkan suara para Caleg atau melakukan pengalihan suara dari satu Caleg ke Caleg lainnya.

Karena ancaman pidana bagi petugas yang bermain terus, karena diakui Firdaus saat ini rawan terjadinya pengalihan suara di tingkat kecamatan, terutama dari Caleg yang suaranya sedikit diambil dari Caleg lainnya.

"Memang untuk saat ini rawan terjadi pengalihan suara, karena masing-masing Caleg mulai melihat gambaran suaranya di tingkat Kecamatan," ujar Firdaus kepada Tribunpekanbaru.com Minggu (28/4/2019).

Baca: Berdasarkan Penelitian Ini 7 Kondisi yang Membuat Wanita Mudah Tergoda untuk Selingkuh, Waspadalah!

Sebagaimana diketahui saat ini lanjut Firdaus sudah ada temuan di Pelalawan dimana ada petugas PPK yang mengalihkan suara saat melakukan rekap di PPK, maka sudah ditemukan pelanggaran yang dilakukan oknum PPK tersebut.

"Jelas ancamannya pidana, yang berani merusak dan memainkan suara itu," ujarnya.

Tidak hanya di Pelalawan lanjut Firdaus namun di daerah lain juga ada temuan seperti di Kabupaten Kuansing, dan terakhir adanya indikasi permainan yang sama juga di Kabupaten Rokan Hulu.

"Di Kuansing juga ada, ini permainan petugas PPK dan tentunya bermain dengan Caleg yang bersangkutan," ujarnya.

Baca: Riau Menuju Wisata Halal, Ini Yang Dilakukan Dinas Pariwisata Riau

Namun bagaimanapun juga dikatakan Firdaus, apabila ada saksi dari Caleg lain yang merasa di Rugikan saat berada di PPK maka tidak bisa dilakukan curang oleh petugas yang bersangkutan.

"Kalau memang ada saksi yang keberatan dengan rekap itu kan bisa dilakukan pembukaan dan penghitungan kembali berdasarkan C1, maka akan ketahuan jika ada yang bermain, "ujar Firdaus. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved