Bengkalis

Meski PSU dan PSL di Bengkalis Kondusif & Lancar, Namun Partisipasi Masyarakat Coblos Ulang Menurun

PSU di TPS 09 di Desa Selat Baru Bantan dari 210 pemilih yang menjadi DPT, hanya sebanyak 180 pemilih yang datang ke TPS menyalurkan hak suaranya

Meski PSU dan PSL di Bengkalis Kondusif & Lancar, Namun Partisipasi Masyarakat Coblos Ulang Menurun
istimewa
Usman Komisioner Bawaslu Bengkalis Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga saat memantau pelaksanaan PSU dan PSL di Bengkalis, Sabtu (27/4). 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Hasil pengawasan Panwas Kecamatan hingga Panwas kelurahan serta supervisi dari Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkalis terhadap pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) di Kabupaten Bengkalis berjalan lancar, kondisi aman dan kondusif.

Bahkan pihak Bawaslu Bengkalis sampai hari ini belum ada mendapat laporan adanya masalah pelaksanaan PSU dan PSL di Bengkalis. Hal ini diungkap Usman Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bengkalis, Minggu (28/4) siang.

Usman mengatakan, meskipun tidak ada kendala berarti, namun tingkat partisipasi masyarakat yang mengikuti PSU dan PSL ini secara umum memang mengalami penurunan dari pada pemungutan suara tanggal 17 April kemarin.

Seperti PSL di desa Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis yang dipantaunya kemarin, dari 45 orang yang memiliki hak suara, namun yang datang sekitar 30 orang lebih pemilih saja menyalurkan suara.

Baca: Cukup Merepotkan Kami, Harus Bolak-balik Mencoblos Keluh Warga Saat PSU di Senapelan Pekanbaru

Baca: Pantau Pelaksanaan PSU dan PSL, Bawaslu Pelalawan Riau Sebut Partisipasi Pemilih Berkurang

"Begitu juga di PSU di TPS 09 di Desa Selat Baru Kecamatan Bantan dari 210 pemilih yang menjadi DPT, hanya sebanyak 180 pemilih yang datang ke TPS menyalurkan hak suaranya. Dibandingkan pemungutan suara 17 April terjadi penurunan partisipasi," kata Usman

Menurut dia, penyebab penurunan partisipasi banyak faktornya, diantaranya pada saat PSU maupun PSL kemarin beberapa masyakarat yang memiliki hak suara di TPS yang melaksanakan PSU maupun PSL ada aktifitas lain. Seperti pergi keluar daerah atau berada diluar Bengkalis.

"Aktifitas pemilih keluar daerah ini sangat mempengaruhi jumlah partisipasi pemilih di TPS," jelas Usman.

Usai pelaksanaan PSU dan PSL kemarin, seluruh surat suara dan kotak suara TPS yang melaksanakan PSU maupun PSL langsung di bawa ke PPK masing masing.

"Begitu siap pemungutan suara ulang dan lanjutan siang kemarin, kotak suara dan surat suara di bawa ke PPK untuk dilakukan penghitungan dan perekapan suara oleh PPK yang sampai saat ini perekapan dan penghitungan suara masih berjalan di masing masing PPK.

Baca: Dari 38 Hanya 25 Warga yang Datang Mencoblos, Pelaksanaan PSL di Desa Petai Kuansing Riau

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis akhirnya melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah di SK kan oleh pihak KPU Bengkalis, Sabtu (27/4) kemarin.

Untuk kabupaten Bengkalis ada sebanyak 6 TPS yang melaksanakan PSU dan PSL. Diantaranya TPS 04 Desa Tambusai Batang Dui kecamatan Bhatin Solapan, kemudian TPS 09 Desa Selat Baru Kecamatan Bantan dan TPS 02 Desa Sepahat kecamatan Bandar Laksamana. Ketiga TPS ini melaksanakan PSU.

Sementara itu, Tiga TPS lainnya diantaranya TPS 01 Desa Senggoro kecamatan Bengkalis dan TPS 04 Desa Prapat Tunggal kecamatan Bengkalis, serta satu TPS di Desa Pematang Duku melaksanakan PSL.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved